13 Santri SMAIT Darul Qur’an At-Tibyan Banyuasin Laksanakan PDL di Masjid Al-Hijrah Prabumulih

Berita, Sumsel831 Dilihat

PRABUMULIH – Sebanyak 13 santri/wati SMA Islam Terpadu (SMAIT) At-Tibyan Darul Qur’an At-Tibyan Islamic Boarding School, Mariana – Banyuasin, melaksanakan Praktek Dakwah Lapangan (PDL) di Masjid Al-Hijrah, jalan Krakatau, kelurahan Gunung Ibul, dan sejumlah sekolah di kota Prabumulih, provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan PDL, yang diikuti santri dan santriwati kelas XII terdiri 8 santri laki-laki, dan 5 santriwati ini akan dilaksanakan selama 1 Minggu dari tanggal 21 Mei – 27 Mei 2023.

“PDL ini merupakan salah satu program yang dikhususkan untuk santri dan santriwati kelas XII sebagai bekal dan pengalaman dalam hal mengajar, berdakwah, dan menggali potensi yang ada dalam diri mereka,” ungkap Ustadz Adi Saputra SH, pendamping santri putra, mewakili pimpinan Ponpes Darul Qur’an At-Tibyan, KH. Amin Rahman Lc MH Al-Hafidz, saat dibincangi usai acara buka puasa sunat bersama dan salat Maghrib berjamaah di rumah Hj. Komariah, salah satu warga jalan Krakatau RT 01 RW 02, kelurahan Gunung Ibul, pada Senin malam, (22/5/2023).

Dijelaskan Adi, selama mengikuti program PDL, para santri/wati ini akan melakukan berbagai kegiatan antara lain:
– Dalam bidang agama, santri/wati ikut serta dalam memakmurkan masjid dan musalah khususnya di Masjid Al-Hijrah Prabumulih.
– Dalam bidang Pendidikan, santri/wati diberdayakan untuk membantu mengajar baik dalam mata pelajaran umum maupun agama di MI, SD 49, SD darul Mubin, MAN dan TPA.
– Dalam bidang interpreneur, santri/wati ikut belajar dalam usaha home industri, peternakan dan pertanian.
– Dalam bidang sosial, santri/wati bersama menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi serta membantu kegiatan yang ada di kelurahan Gunung Ibul. Selain itu ikut serta dalam kegiatan olahraga di kelurahan tersebut.

“Pada kegiatan PDL tahun ajaran 2022-2023 ini, pondok pesantren Darul Qur’an At-Tibyan berharap bahwa kegiatan mulia seperti ini akan terus ada di setiap tahunnya (insya Allah) dan semoga akan membawa keberkahan untuk masyarakat dan ladang dakwah untuk santri/wati,” imbuh Ustadz Adi Saputra.

Sebelumnya, program PDL yang merupakan kegiatan perdana, yang diikuti para santri/wati angkatan pertama Ponpes Darul Qur’an At-Tibyan ini telah dibuka di Masjid Al-Hijrah, jalan Krakatau, kota Prabumulih, pada Ahad malam (21/5).

Dalam kegiatan itu, selain diisi dengan penyampaian sambutan dan pengenalan dari perwakilan Ponpes Darul Qur’an At-Tibyan dan sambutan Ketua Masjid Al-Hijrah sekaligus Ketua RW 02, Sertu Riadi, acara yang dipandu langsung oleh salah satu santri M. Hafiz Al-Farizi itu juga diisi dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Abdurrahman Malikul Hakim (santri), dan doa penutup oleh santri Didi Prasatya.

“Alhamdulillah, atas rahmat Allah, kami sangat berterima kasih dengan dipilihnya masjid Al-Hijrah ini sebagai salah satu tempat praktek dakwah lapangan para santri dari Ponpes Darul Qur’an At-Tibyan, Banyuasin. Semoga bibit-bibit pendakwah ini ke depannya akan menjadi pendakwah dan mensyiarkan ajaran Islam yang Haq, khususnya di kota Prabumulih,” ucap Sertu Riadi, saat memberikan sambutannya.

Tampak hadir dalam acara itu, di antaranya, Pendamping putra, Ust. Adi Saputra SH, Pendamping putri, Ustadzah Rezka Fitriyah Ananda Al-Hafidzah, para santri/wati, dan para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar masjid Al-Hijrah. (SMSI Prabumulih)