Abi Fadillah, Perjalanan Penuh Inspiratif: Dari Lulusan Terbaik UGM Hingga Jadi Perencana Kebijakan Kemendagri

Nasional308 Dilihat

Jakarta– Prestasi yang telah diraih Abi Fadillah, SE M.Ec.Dev alumni dari Universitas Islam Indonesia (UII) tidak boleh dipandang sebelah mata.

Hal itu lantaran, putra dari Darmiansyah, Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Pendopo, kabupaten PALI itu kini telah dipercaya menjadi Perencana Kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Sebelum meniti karir menjadi Perencana Kebijakan Kemendagri RI, Abi Fadillah merupakan lulusan terbaik program Magister Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada tahun 2022

Tidak hanya itu, informasi yang berhasil dihimpun redaksi Citra Sumsel dari berbagai sumber, Abi Fadillah juga mencatatkan prestasi luar biasa di sejumlah sektor.

Seperti penemu konsep dan hipotesis Indeks Demokrasi Properti Indonesia (IDPI),

Bahkan, Abi Fadillah turut aktif dalam membuat karya tulis ilmiah terkait ekonomi di berbagai jurnal baik skala nasional maupun internasional.

Dalam keterangannya, Abi Fadillah mengaku sangat bersyukur atas limpahan nikmat dari Allah SWT yang telah meridhoi langkah dirinya hingga seperti sekarang.

“Terutama doa dan dukungan dari orang tua, keluarga serta orang-orang terkasih. Sehingga kami bisa menjadi seperti sekarang,” ujar Abi.

Selain itu, Abi juga mengucapkan banyak terimakasih kepada para dosen, guru yang telah memberikan ilmunya kepadanya.

 

“Begitu banyak rasa terima kasih yang kami sampaikan kepada para dosen, yang memberikan ilmu yang sangat berguna untuk diaplikasikan di dunia kerja,” ungkapnya.

Lebih lanjut pria kelahiran 20 Juni 26 tahun silam itu mengatakan bahwa konsep dasar ekonomi dari berbagai mata kuliah yang diajarkan pada Fakultas Bisnis Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FBE UII) sangat berguna dan bisa diterapkan di Kementerian atau lembaga tinggi di Indonesia.

“Konsep dasar ekonomi dari berbagai mata kuliah yang diajarkan di FBE UII, telah dikemas dengan tataran standar internasional yang konsepnya dapat diaplikasikan di Kementerian atau lembaga di Indonesia,” tambahnya.

Ia berharap apa yang sudah diraihnya bisa menjadi motivasi bagi generasi muda, khususnya dari daerah. “Bahwa kita bisa sukses meniti karir di ibukota asalkan kita lakukan dengan penuh ketekunan, keuletan, keyakinan dan sungguh-sungguh,” tutupnya.

Untuk diketahui, tugas dari Perencana Kebijakan Kemendagri RI itu diantaranya:…
1.Menyusun, mengusulkan, mendesain kebijakan, roadmap dan renja.

2.Merancang outlook dan analisa ekonomi nasional dan desa.

3. Mendesain Program Pembangunan
4. Mendesain pembukaan wawasan desa
5.Menganalisa kajian UU Pemdes
6.Menyusun agenda internasional dengan tema desa
7.Membuat sambutan menteri di tema internasional
8.Sebagai PIC Internasional Ministry Meeting
9.Menganalisa anggaran pinjaman hibah luar negeri. (rls)

Sumber : Citra Sumsel