Ayo Vaksin Demi Kesehatan Bersama

Berita, Jawa Timur329 Dilihat

 

pilarsumsel.com Trenggalek – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diupayakan Pemerintah telah dilaksanakan secara bertahap ke seluruh penjuru wilayah NKRI.

Tujuan pemberian suntikan vaksin Covid-19 untuk memberikan perlindungan tubuh agar terhindar dari virus corona SARS-Cov-2.

Program vaksinasi Covid-19 juga memiliki tujuan lain, yaitu mempercepat membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Pengertian vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

Dan pemberian vaksin dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit-penyakit tertentu.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka Pemdes Ngadirenggo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, melalui Puskesmas Pogalan melaksanakan kegiatan vaksinasi di Balai Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menargetkan 500 orang.

Hal ini sengaja dilaksanakan agar masyarakat Desa Ngadirenggo terbebas dari pandemi corona serta harapannya agar mereka bisa menjalankan aktifitas kembali seperti sebelum adanya wabah. Karena kebanyakan warga Desa Ngadirenggo pelaku UMKM di pasar kecil tradisional.

Ditemui di ruang kerjanya, Kades Ngadirenggo, Mulyanto, Rabu (3/11/2021), mengatakan bahwa warga Desa Ngadirenggo yang ingin mengikuti vaksinasi ini haruslah mereka yang tidak dalam kondisi sakit, dalam artian tidak ada keluhan apa-apa.

“Kami sarankan bagi mereka yang mengalami penyakit hipertensi, diabet, ispa, kanker, mending mereka meminta saran dan berkonsultasi ke dokter atau nakes dahulu sebelum mereka mengikuti kegiatan vaksinasi ini,” jelas Mulyanto.

Beberapa kondisi orang yang tidak diperbolehkan mendapatkan vaksin Covid-19 ditengah program vaksinasi yang sedang berlangsung, dikarenakan jika yang bersangkutan memaksa mengikuti program vaksinasi Covid-19, dikhawatirkan bisa membahayakan tubuh mereka sendiri, pungkas Mulyanto.

(bud)