Berhasil Naikkan Peringkat Pemberitaan Positif, Ini Sosok Kasi Humas Polres Muratara, AKP Baruanto Amin S

Kerja Iklas dan Terus Bergerak Presisi Polri

Artikel-Opini, Berita104 Dilihat

Di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78, Kapolres Muratara AKBP Koko Arianto Wardani memberikan penghargaan pada sejumlah jurnalis yang bertugas di Bumi Beselang Serundingan karena terus menciptakan kondisi tetap kondusif dengan informasi sehat dan positif. Nah, dibalik kesuksesan itu berkat kerja keras iklas dan kemitraan Kasi Humas Polres Muratara. Lalu apa motivasinya

Oleh : Ardianus, Wartawan pilarsumsel.com

NAMA AKP Baruanto Amin S sudah dikenal baik di Kota Lubuklinggau, Muratara, Musi Rawas. Pria yang menjabat sebagai Kepala Seksi (Seksi) Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Muratara pada Juni 2023 hingga sekarang, tak merasa berkecil hati karena sebelumnya menjabat Kapolsek Lubuklinggau Utara Polres Muratara. Jabatan yang baru diemban itu termasuk pertama, sebab selama menjalankan tugas Polri dibagian posisi Sabhara, Reskrim, Kasiwas, Kasat Tahti. Namun jabatan Kasi Humas, menjadi modal motivasi untuk terus bergerak Presisi.
“Ya, harus iklas dan dimana saja bertugas, insyallah saya menikmati dan enjoi dengan mempersembahkan kinerja yang baik,” tutur AKP Baruanto Amin S yang sering disapa Pak Bur pada wartawan pilarsumsel.com, Senin (28/8/2023), di ruang kerjanya.
Pak Bur yang berdomisili di Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumsel ini sudah terbilang mumpungi di bidang reserse atau satuan kriminal. Ini beralasan, Pak Bur pernah dipercaya mengemban tugas kanit reskrim Polsek Lubuklinggau Seletan, lalu Polsek Lubuklinggau Barat dan Polsek Lubuklinggau Timur. “Hanya Polsek Lubuklinggau Utara tidak pernah menjabat Kanit Reskrim namun diberi mandat sebagai Kapolsek Lubuklinggau Utara,” ucap perwira balok tiga dengan mata mengenang masa lalu.

Mengenai kedekatannya dengan para wartawan baik cetak, online dan elektronik, diakui Ayah Empat Anak ini, dirinya pribadi dan tim anggota dikomandoinya tidak takut dengan jurnalis maupun lembaga Swadaya masyarakat. Karena, mereka merupakan hubungan mitra kerja yang harus selalu koordinasi. Bahkan, AKP Baruanto AS tidak terlihat ada jarak dengan rekan Media, seakan keluarga sendiri. “Polisi dan media saling kerjasama mewujudkan keamanan dan ketertiban (Kamtib) yang tetap kondusif sehingga program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah sesuai apa yang diprogramkan,” terangnya.
Terpisah, Ketua SMSI Silampari Agus Hubya Handoyo saat dimintai komentar soal kinerja Humas Polres Muratara dibawah komando AKP Baruanto AS, bahwasanya sejak ada kepemimpinan Kapolres Muratara AKBP Koko Arianto Wardani dan Kasi Humas baru, terbukti komunikasi rekan rekan Media bidang publikasi positif sudah berlangsung lancar, sebelumnya sudah baik namun lebih ditingkatkan lagi. “Informasi saya dapat, sejak Kasi Humas Baru, peringkat link berita Polres Muratara naik bahkan sejumlah wartawan diberikan penghargaan. Ini prestasi yang patut dicontoh Kasi Humas Polres Muratara yang lain. Insyallah, saya dari SMSI Silampari terus bersinergi dengan Polres Muratara,” ujarnya. (*)