Berikan Pelatihan Kewirausahaan Perempuan, Novita Hardini Coba Dorong Kebangkitan Ekonomi Keluarga

Berita, Jawa Timur343 Dilihat

 

pilarsumsel.com Trenggalek, Jawa Timur – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, SE., berbagi ilmu menjadi markerter handal dalam pelatihan kewirausahaan perempuan, di Gedung Bawarasa Trenggalek, Selasa (1/3/2022). Berbagi ilmu, pengiat perempuan yang sekaligus inisiator dari Sepeda Keren itu, ingin mendorong kebangkitan ekonomi keluarga bagi kader sepeda keren yang mengikuti pelatihan kewirausahaan ini.

Menurutnya berjualan itu ada ilmunya, ada trik tersendiri agar apa yang kita jual menarik bagi konsumen. Selain cerdas dan bijak menggunakan dunia digital, publik speaking juga menjadi salah satu cara menarik calon cotumer mengatakan iya terhadap produk yang kita jual.

“Hari ini saya sangat senang sekali, karena pada akhirnya pelatihan wirausaha perempuan ini bisa menjadi titik mula. Approaching yang diberikan sedikit berbeda, untuk bisa mendampingi perempuan-perempuan yang ada di setiap desa bisa berdaya,” ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek itu.

Jadi berdaya itu bagaimana caranya, lanjutnya menambahkan. “Sekilasnya seperti inkubasi bisnis bagi kader-kader Sepeda Keren. Harapannya bisa menjadi brand mark mereka untuk bisa mengembangkan potensi pendapatan keluarga. Utamanya bagi mereka yang telah kita latih bersama,” sambung istri Bupati Trenggalek itu.

Melanjutkan pernyataannya, wanita energik ini menegaskan, untuk menjadi penjual hadal ada ketrampilan ýang harus dikuasai. Dan yang paling pertama adalah ketrampilan publik speaking. Bagaimana kita bisa mengolah sebuah kalimat sehingga kita mengetahui pembeli itu pasti akan berkata iya.

Keterampilan ini butuh proses yang panjang sehingga harapan saya, melalui inkubasi-inkubasi ini masyarakat terutama perempuan-perempuan dan kader Sepeda Keren, semakin meningkat lagi kemampuannya. “Mulai dari keterlibatan perempuan dalam pembangunan desa. Punya keterampilan baru, terus bagaimana bisa meningkatkan penjualan melalui marketing yang tepat,” tutupnya.

 

(bud)