Capaian Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Masih Rendah

Berita688 Dilihat

Baru 17,6 Persen Tervaksin

EMPAT LAWANG, PILARSUMSEL.COM – Capaian vaksinasi COVID-19 khusus dosis pertama di Kabupaten Empat Lawang, sudah mencapai 81,3 persen. Namun sayangnya, untuk capaian dosis kedua angkanya masih 17,6 persen.

Kondisi ini menempatkan Kabupaten Empat Lawang, masih menjadi kabupaten terendah capaian vaksinasi COVID-19 dosis keduanya, jika dibandingkan kabupaten/kota lain se Sumatera Selatan (Sumsel).

“Iya, capaian vaksinasi kita khusus dosis kedua, itu baru mencapai 17,6 persen, masih terendah di Sumsel. Kalau dosis pertama itu sudah 81,3 persen, melampaui target,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Empat Lawang, Hj Hepy Safriani melalui Sekretaris Dinas (Sekdin), Deri Kurniawan saat dibincangi di ruang tugasnya, Selasa (4/1).

Menurut Deri, masih rendahnya capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua di Kabupaten Empat Lawang, karena sebelumnya pihaknya bekerja sama dengan lintas sektoral di Kabupaten Empat Lawang, masih fokus mengejar ketertinggalan vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

“Karena dosis pertama sudah 81,3 persen dan sudah melebihi target sasaran, makanya sejak dua hari terakhir ini kita sudah mulai fokus ke dosis keduanya,” beber Deri.

Masih disampaikan Deri, selain fokus ke vaksinasi dosis kedua, pihaknya akan segera fokus ke pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ke anak-anak. “Anak-anak yang kita maksut itu, anak-anak umur 6 tahun keatas,” jelasnya.

Hal ini sambung Deri, karena capaian vaksinasi bagi para orang tua lanjut usia (lansia) sudah mencapai lebih dari 70 persen tervaksin dan Empat Lawang juga sudah mendapat izin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, untuk memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ke anak-anak.

“Sasaran kita untuk pelaksanaan vaksinasi ke anak-anak itu mencapai 26 ribu anak, dan segera kita sosialisasikan ke masyarakat,” imbuhnya. (frz)