Dari Kampus Turun ke Arosuka, Profesor H. Masri Daftar Bacabup di DPC Demokrat Solok

Nasional532 Dilihat

SOLOK-Profesor H. Masri menunjukkan keseriusannya maju pada suksesi pemilihan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Solok 2024-2029. Hal itu dibuktikan pria kelahiran Paninggahan Solok Sumatra Barat pada tanggal 6 Oktober 1962 sebagai sulung dari ayah H. Mansur dan Ibu Hj. Rubama mengambil dan mengembalikan formulir Bacabup di DPC Demokrat Solok, Senin (6/5/2024).
“Saya sudah mendaftar di Demokrat dan berharap diusung dalam kontestasi Pilkada Solok bersama partai koalisi lainnya,” ungkap Profesor H. Masri kepada wartawan ini.
Saat mendaftar, sambung dia, pihaknya menyampaikan alasan kenapa turun dari kampus ke arosuka, lalu visi dan misi serta program prioritas dalam keadilan terhadap kontrol media dengan rasa aman di masyarakat terutama ASN maupun keluarga.
“Melihat sambutannya begitu hangat dan cair, saya optimis diusung. Dan saya Siap Untuk menjadi Bupati Solok dengan Visi Menjadikan Kab. Solok yang Maju, Adil, Sejahtera dalam Ridha Ilahi (MASRI),” ujarnya.

Profesor H. Masri melanjutkan, misi yang akan dijalankan yaitu: 1) Pendidikan Berkualitas Berkeadilan dan Berkenjutan untuk Semua. 2) Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan dan Berkeadilan. 3) Penguatan Sistem Kesehatan yang Terjangkau dan Berkualitas. 4) Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. 5) Konservasi Alam dan Lingkungan yang Berkelanjutan. 6) Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang Transparan, Akuntabel dengan prinsip good governance. 7) Membangun Kebersamaan dan Solidaritas Masyarakat rantau dan ranah. 8) Inovasi dan Teknologi untuk Kemajuan yang Berkeadilan. 9) Mengakulturasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Agama, Pancasila dan kearifan lokal.

Untuk diketahui sejak tahun 1994 Prof. Masri merupakan dosen tetap pada Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta dalam mata kuliah Metodologi Penelitian dengan pangkat terakir Pembina Utama  IV/e dan Guru Besar dalam bidang Sosiologi Agama. Selama bertugas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta jabatan struktural yang pernah diemban adalah sebagai sekretaris jurusan Aqidah dan Filsafat (2000), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (2006), Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum (2010), Dekan (2014) semuanya di fakultas Ushuluddin. Tahun 2019-2023 diamanahi sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan sejak tahun 2022-2026 sebagai Sekretaris Senat Universitas UIN Jakarta.
Beberapa Perguruan tinggi luar negeri yang pernah dikunjungan dalam kegiatan ilmiyah da kunjungan kerja adalah USIM, UIIM, KUIM dan KUIS di Malaysia. Paththani University dan Mahidol University di Thailand, University of Tehran, Iran dan University of Qom, Iran. Fukuoka University, Jepang. Umm al-Quro Univeristy, Mekkah dan Islamic University of Madinah, Madinah dan Kolej Islam Muhammadiyah, Singapura.
Prof. Masri Sekolah Dasar di Paninggahan tamat tahun 1975, Madrasah Tsanawiyah Negeri ( MTsN ) Koto Baru tamat tahun 1978 sebagai angkatan pertama  dan Pendidikan Guru Agama di Koto baru Solok tamat tahun 1982.
Selesai menamatkan jenjang PGA, pada tahun 1982 hijrah ke Jakarta untuk melanjutkan studi pada Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (dulu IAIN) tamat Sarjana Muda tahun 1985 dan Sarjana Lengkap (Drs.) pada Jurusan Aqidah dan Filsafat di Fakultas Ushuluddin tahun 1987, dengan skripsi “Konsep Etika Minangkabau: Tinjauan Filosofis”. Tahun 2000 tamat Magister Agama (MA) pada Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta, dengan tesis Corak Pemikiran Kalam dalam Tafsir karya Departemen Agama RI. Pada tahun 2008 selesai S3 (Doktor) pada prodi Ilmu Penyuluhan Pembangunan di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan disertasi Religiusitas Remaja; Studi Kasus Pada Siswa SLTA di Sukabumi, Rangkas Bitung dan Jakarta.
Waktu kuliah sebagai aktifis di IAIN Jakarta, pernah menjadi Sekretaris Badan Pelaksana Kegiatan Mahasiswa (sekarang DEMA Universitas) Ikatan Pemuda Pelajar Paninggahan (IP3) Jakarta dan Dewan Pimpinan Daerah IMM DKI Jakarta, sekarang menjadi Dewan Pakar di Majlis Pendayagunaan Wakaf PP Muhammadiyah dan Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang Selatan. Ketua Bidang Pendidan, Agama dan Adat DPP Da`i Rantau Minang (DARAM), menjadi Ketua Umum Badan Persiapan Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau (BP2DIM) dan anggota Komisi Ukhwah MUI Pusat serta Dewan Pembina Yayasaa Danau Singkarak dan Dewan Pakar DPP Perkumpulan Keluarga Kapubaten Solok (PKKS).
Setamat kuliah mengajar di beberapa perguruan tinggi Tahun 1987- 1996 di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Jurnalistik Thawalib Jakarta, tahun 1987-2015 di Universitas Muhammadiyah Jakarta, tahun 1989 sampai sekarang sebagai dosen di UHAMKA Jakarta dan ITB Ahmad Dahlan Jakarta dari tahun 2022 sampai sekarang.
Selain aktif menyampaikan gagasan dan pemikiran dalam berbagai kegiatan ilmiah, beberapa karya ilmiah yang pernah dipublikasi: Sosiologi Sebuah Pengantar, Ushul Press, Jakarta 2008, Strategi pendidikan (Bunga Rampai), Uhamka Press, Jakarta 2010, Komparasi Religiusitas Remaja: Kasus Pada Siswa SLTA di Jakarta dan Rangkasbitung (Jurnal Scientium 2015), Penerapan Statistika Dalam Penelitian Sosial Keagamaan, Ushul Press, 2014. Teologi Sosial: Membaca Pemikiran Ahmad Dahlan (dalam Muhammadiyah Ahmad Dahlan), Editor Azrul Tanjung dkk., STIE Ahmad Dahlan, Jakarta, 2015, Teen Religiusity: Case Study In Teen in Surabaya, Mataram and Kendari: Asian Journal of Social Sciencies & Humaniteis Vol 6 (4) November 2017, Understanding Theological Interpretation in Tafsir Departemen Agama RI Printed 1996-1997 Jurnal Ilmu Ushuluddin VOL. 9, NO. 1, JULI 2022, Anthropomorphism in the Tafsir by the Ministry of Religious Affairs, IJISH (International Journal of Islamic Studies and Humanities) VOL 5 No. 2, October 2022. Melawan Badan 60 Tahun Masri Mansoer (2022) dan Relasi Allah dan Manusia Dalam Teologi Islam (2023).
Berdasarkan latar belakang pendidikan dan pengalaman sebagai akademi serta birokrat kampus itu Prof. H. Masri Mansoer ingin mengabdikan dirinya untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kab. Solok yang berkeadilan dalam Ridha Ilahi. silahkan bersilaturrahmi melalui email: [email protected]. (***)