Desa Jengglungharjo Salurkan BLT-DD 3 Bulan Sekaligus pada 34 KPM

Berita, Jawa Timur1116 Dilihat

TULUNGAGUNG-Pemerintah desa Jengglungharjo, kecamatan Tanggunggunung, kabupaten Tulungagung, salurkan BLT DD (bantuan langsung tunai dana desa) tahun 2023 pada 34 KPM (keluarga penerima manfaat), di balai desa setempat, Rabu (15/2/2023).

Pada penyaluran tersebut tiap KPM langsung menerima untuk tiga bulan, yakni Januari, Februari dan Maret di rapel dalam satu penyaluran.

“Tiap KPM BLT DD tahun 2023 masih seperti tahun sebelumnya, masing-masing menerima Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk tiap bulan, jadi karena kali ini penyaluran untuk tiga bulan di rapel dalam satu penyaluran, maka tiap KPM menerima RP. 900.000,00 (sembilan ratus ribu rupiah),” terang Kepala desa Jengglugharjo, Rudi Santoso.

Selanjutnya, Rudi Santoso mengatakan penyaluran BLT DD tahun 2023 ini, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 201/PMK.07/2022 tentang pengelolaan dana desa, bahwa 10 persen hingga maksimal 25 persen dari Dana Desa yang diterima masing-masing Desa digunakan untuk BLT DD.

Sedangkan untuk sasarannya ialah KPM yang tergolong mengalami kemiskinan ekstrim, untuk itu Pemdes Jengglugharjo menetapkan 34 KPM melalui data yang diusulkan oleh ketua RT/RW kemudian ditetapkan atas kesepakatan dalam musyawarah desa (Musdes).

“Jadi KPM harus sesuai kriteria, terutama yang tergolong ekonomi paling rendah atau mengalami kemiskinan ekstrim dan bukan penerima BPNT, PKH atau lainnya ,” jelasnya.

Dikatakannya, Realisasi BLT DD ini merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah terhadap masyarakat terutama warga khususnya untuk keluarga miskin yang termasuk dalam katagori miskin ekstrem.

“Karena ini program bagi warga kurang mampu, maka pelaksanaan dan penyalurannya harus tepat sasaran,” ungkap Rudi.

Dengan disalurkannya BLT DD kali ini, Rudi berharap dimanfaatkan dengan baik supaya beban hidup sehari-hari lebih ringan.

“Bantuan yang kita salurkan semoga dapat meringankan beban hidup sehari-hari, serta kita harap nantinya juga dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya sehingga dirasakan manfaatnya,” tegas Kades.

Penyaluran BLT DD 2023 desa Jengglungharjo dilakukan oleh Bendahara desa dan petugas lainnya serta disaksikan BPD, Babinsa, Babinkamtibmas desa setempat.(AR)