Di Musi Rawas, 10 Orang Pertama Divaksin Sinova

Sumsel, Utama486 Dilihat

Pilarsumsel Online, 

MUSI RAWAS- Sedikitnya 3.960 Vial vaksin Sinovac Covid-19 sudah tiba di Gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Rabu (27/1/2021) Sekitar Pukul 17.30 Wib. Selanjutnya, vaksin ini disimpan dengan Cood Cain atau rantai dingin.

Pantauan Silampari Online, Vaksin diangkut menggunakan kendaraan boks roda empat Dinkes yang telah dilengkapi dengan blower pendingin dengan suhu 2-8 derajat. Dimana, mobil ini dikawal oleh aparat Polres Mura sebanyak 5 orang baik Satlantas, Intel dan Sabhara, Brimob Polda 4 orang dengan senjata lengkap, BPOM dua orang, Dinkes lima orang.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Mura, H Ristanto Wahyudi melalui Sekretaris, M Nizar didampingi Kabid P2L, Edward Zuliyar dan Kasi Survelen dan Imunisasi Suhu, Ari mengatakan, bahwa hari ini (kemarin) Dinkes Mura didampingi aparat dan BPOM melakukan pengambilan vaksin Sinovac sebanyak 3.960 Vial atau dosis. Dimana, vaksin ini telah diambil dan disimpan di Lab Kasda Dinkes Mura.

“Untuk saat ini vaksin sudah tiba di Mura dan kita simpan dikulkas vaksin di Lab Kasda dengan suhu 2-8 derajat celcius,”jelas Nizar.

Dikatakannya, untuk vaksin ini akan disimpan dengan dijaga aparat kepolisian sampai pendistribusian ke Puskesmas sampai selesai. Namun, untuk penentuan Puskesmas sudah ada tapi secara pastinya akan diumumkan besok (hari ini). Bahkan, setiap Puskesmas sudah ada ada tempat penyimpanan vaksin.

Mengenai untuk orang pertama yang akan divaksin nantinya. Maka dirinya mengakui ada 16 orang yang akan discraning dan nantinya diambil 10 orang pejabat publik untuk divaksin yang pelaksanaan pada 1 Februari yang pelaksanaan di Puskesmas Muara Beliti diantaranya Bupati Mura, Ketua DPRD, Dandim 0406 MLM, Kapolres, Kejari, Ketua PN, Kemenag,  Kepala BNN, Sekda, Waka 1 dan II DPRD, Asisten I, 2, 3, Kasatpol PP dan Plt Kadinkes. Dimana, untuk scraning ada dua kali yakni scraning faktor resiko apakah darah tinggi, apakah transformasi Covid-19 dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk scraning kedua untuk memastikan kevalid an scaring pertama. Kemudian, untuk 2 Februari selanjutnya 2309 tenaga kesehatan (Nakes) yang akan di vaksin. (SO)