Dinas Lingkungan Hidup Tanam 25 ribu Pohon di Lereng Wilis

Berita, Jawa Timur251 Dilihat

 

TULUNGAGUNG PILAR SUMSEL-Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia,dinas lingkungan hidup dan bersama Komunitas Pecinta Hutan Lindung Sendang (KPHLS), KUD Tani Wilis serta 58 dari organisasi mitra forum pengurangan bencana mengadakan kegiatan penanaman 25 ribu bibit pohon di area Dusun Jambuwok Desa Nglurup Kecamatan Sendang.

Dalam gerakan penghijauan yang bertajuk “Green Indonesia Project” ini menanam bibit pohon berupa Alpukat, Indigovera dan tumbuhan medium lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Ir. Dra. Aju Mustika Dewi MM, Kadin Lingkungan Hidup Tulungagung Drs. Santosa M.Si., Ketua DPRD Tulungagung Marsono S.Sos., Kapolres Tulungagung yang diwakili Kapolsek Sendang AKP Agus Riyanto SH.,PSHT ranting Sendang dan Kedungwaru dan masyarakat lainnya.

Di kesempatan itu,kepala dinas lingkungan hidup mengatakan, kegiatan ini merupakan sejarah karena menurutnya daerah pegunungan atau lereng Wilis ini menopang 40 % di tanah Jawa.

“Dengan adanya penanaman ini,diharapkan mata air lebih meningkatkan dan nanti airnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Jawa dan sekitarnya,” ujar santoso.

Kemudian dalam sambutannya, Aju Mustika Dewi selaku Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Jawa Timur sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Project ini bukan hanya sebagai upaya penanganan dampak perubahan iklim semata, namun diharapkan dapat sebagai pengembangan iklim ekonomi dan wisata bagi masyarakat sekitar dengan menjadikannya sebagai pusat Agrobisnis, agrowisata, dan agro edukasi,” ujar Aju Mustika Dewi, Minggu (05/06/2022).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tulungagung Santosa, yang mana ia juga berharap acara tersebut bukan sekedar seremonial saja, namun hendaknya dikawal hingga seluruh pohon benar – benar hidup dan tumbuh.

“Kami juga berharap kegiatan ini tidak berhenti disini saja namun kedepannya perlu ditindak lanjuti dengan merawat, menjaga, mengawasi agar apa yang kita lakukan ini bisa berkontribusi atau membawa manfaat bagi masyarakat sekitarnya,” tambahnya.

“Alhamdulillah, kegiatan penghijauan yang dimulai pukul 08.30 sampai dengan 10.30 WIB ini bisa berjalan lancar, kami ucapkan terimakasih kepada semua yang telah mendukung kegiatan ini semoga membawa manfaat bagi kita semua,” ujar Kapolsek.( gd)