Festival Lentera Taiwan 2023 : Menerangi Masa Depan

Berita, Internasional379 Dilihat

Taipei– Taiwan yang terletak di Asia Timur memiliki pesona gemerlap dan indah. Wisata alam, wisata kuliner, dan wisata budaya mampu menarik wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah Festival Lentera Taiwan yang diadakan secara rutin setiap tahun.

Festival Lentera Taiwan adalah perayaan berkah yang telah diadakan selama 34 tahun untuk menyambut bulan purnama pertama di Tahun Baru Imlek.

“Hari ini Festival Lentera Taiwan diadakan untuk pertama kalinya di wilayah metropolitan Taipei sebagai “festival lentera perkotaan”. Di sepanjang jalur MRT dan distrik komersial lokal dan industri lokal terintegrasi termasuk area penting seperti Taman Budaya dan Kreatif Songshan, Balai Peringatan Nasional Chiang Kai-shek, Taipei 101, dengan empat area pameran utama dan dua belas area tampilan administrasi untuk memamerkan lentera dekorasi”, kata Chang Shi-chung, Direktur Jenderal Biro MOTC Taiwan saat konferensi pers Internasional di National Dr. Sun Yat-Sen Memorial Hall, Minggu pagi (5/2).

Festival Lentera dikaitkan dengan tradisi Tionghoa, setelah perayaan Imlek, yaitu pada hari ke-15 tahun baru yang identik dengan lampion berwarna merah.

Hari ini Taiwan Lantern Festival menampilkan warna lampu yang beragam meski warna merah masih mendominasi. Festival ini adalah cahaya harapan yang menerangi kota dan memperkaya tanah dengan beragam budaya. Cahaya harapan menerangi kota-kota, dan jejak cahaya membawa Taipei ke masa depan.

Menjawab pertanyaan delegasi Indonesia pada konferensi pers, Chang Shi-chung menyatakan “teknologi baru dan inovasi baru dalam perayaan festival membuat Festival Lentera Taiwan berbeda dari festival serupa di tempat lain.” Festival lentera tahun ini menampilkan empat area pameran utama, termasuk Beacons of Light Display Zone, Fount of Light Display Zone, Lights of the Future Display Zone, dan Central Display Zone.

“Keterlibatan masyarakat dalam mempersiapkan dan merayakan festival akan menumbuhkan rasa memiliki budaya”, tambah Chang Shi-chung.

Festival tahun ini juga mengundang 10 kota dan perusahaan dari Jepang untuk berpartisipasi dalam festival lampion. Industri pariwisata Taiwan telah meningkatkan investasinya dalam sumber daya dan membangun lingkungan pariwisata yang dalam, beragam, dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, sudah selayaknya Biro Pariwisata Kementerian Perhubungan dan Komunikasi yang menyelenggarakan Festival Lampion Taiwan fokus untuk memperluas pasar internasional. (Editor Jonheri)