Gali Potensi Seni Pelajar, Dinas Pendidikan Tulungagung Menggelar Lomba Karawitan Tingkat SD dan SMP

Berita, Jawa Timur1048 Dilihat

TULUNGAGUNG, Pilarsumsel.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung menggelar kegiatan lomba karawitan tingkat pelajar Tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Taman Budaya Tulungagung itu berlangsung selama 2 hari, tanggal 8 dan 9 November 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, Rahadi Puspita Bintara mengatakan, kegiatan lomba Karawitan tingkat pelajar merupakan satu upaya untuk menanamkan kepada masyarakat khususnya anak-anak untuk selalu menghargai nilai-nilai luhur yang pernah diwariskan oleh nenek moyang atau para pendahulu.

Menurutnya, arus informasi dan teknologi telah menjadikan dunia dalam tatanan baru dan proses itu dinamakan globalisasi.

Proses globalisasi tersebut, berdampak pada banyaknya budaya luar yang mencoba masuk atau berasimilasi dengan budaya Indonesia.

Sehingga, gaya hidup masyarakat secara tidak sadar atau tidak terasa telah berangsur-angsur meninggalkan budaya-budaya luhur yang pernah diwariskan oleh pendahulu-pendahulu bangsa.

“Hal ini adalah wajar karena kita adalah bagian sistem global yang mau tidak mau pasti bersentuhan dengan budaya lain,” kata Pipit, sapaan akrabnya.

Meski arus globalisasi semakin deras, dirinya mengingatkan agar seluruh masyarakat tidak melepas begitu saja adat dan tradisi yang telah dimiliki.

Pipit menyarankan, agar masyarakat terus bersikap bijak dan cerdik dengan cara memanfaatkan situasi globalisasi sebagai pelajaran untuk mengembangkan seni tradisi yang telah dimiliki agar semakin bernilai dan lebih disukai masyarakat.

“Ini merupakan tantangan buat kita semua. Dan merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat untuk mengembalikan jati diri bangsa yang sekarang ini seolah tenggelam dengan pesatnya kemajuan IPTEK,” ucapnya.

Pipit mengungkapkan, salah cara untuk mengembalikan jati diri bangsa adalah dengan menggalakkan program pendidikan tentang nilai-nilai sejarah dan budaya kepada generasi penerus.

Dalam hal ini, Dinas Pendidikan beserta seluruh jajaran yang ujung tombaknya adalah keberhasilan anak didik.

Selain itu, Pipit juga mengajak seluruh orang tua, masyarakat, dan organisasi mitra untuk bergandeng tangan dan bersama-sama membangun generasi bangsa yang bermartabat lewat pengembangan seni tradisi di Kabupaten Tulungagung.

“Saya ucapkan selamat atas terselenggaranya lomba karawitan tingkat pelajar Kabupaten Tulungagung tahun 2023 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 818,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Kegiatan Lomba Karawitan Tingkat Pelajar Kabupaten Tulungagung, Mohamad Gufron mengatakan, kegiatan lomba Karawitan tingkat pelajar bertujuan untuk membina minat bakat anak terhadap seni tradisi yang ada di Kabupaten Tulungagung khususnya karawitan.

“Lomba Karawitan tingkat pelajar ini sekaligus dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 818,” kata Gufron.

Dia mengungkapkan, lomba karawitan tingkat pelajar diikuti oleh 40 grup yang terdiri tingkat SD atau Korwil sebanyak 17 grup atau Sekolah, dan tingkat SMP sebanyak 33 grup atau Sekolah.

Dari masing-masing grup karawitan terdiri dari 25 personel atau pelajar. Artinya, dalam lomba karawitan tingkat pelajar tahun 2023, ada 1,250 pelajar di Kabupaten Tulungagung yang terlibat didalamnya.

“Dewan juri kita ambil dari luar Kota, untuk jenjang SD kita ambil dari Surabaya, Kediri dan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri,” ungkapnya.

Dalam lomba Karawitan tingkat pelajar, sebut Gufron, akan diambil 9 nominasi juara yakni juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3 ditambah dengan sinden terbaik, Wiraswara terbaik, dan Pengrawit terbaik.

Gufron berharap, dengan kegiatan lomba Karawitan tingkat pelajar dapat menggali potensi seni dan mengembangkan minta bakat anak pelajar tingkat SD dan SMP di Kabupaten Tulungagung.

Sehingga, visi misi Pemkab Tulungagung dalam rangka pengembangan dan pembinaan kebudayaan untuk anak sekolah bisa berjalan dengan sukses. (Adv/Dwi)