Inovatif, Pemdes Baturaja Baru Taman Pohon Pisang Guna Tingkatkan PAD

Berita414 Dilihat

 

pilarsumsel.com-Terobosan yang dilakukan Desa Baturaja Baru Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan, patut di contoh untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PAD), Desa yang terletak di salah satu Kecamatan Tebing Tinggi ini melakukan terobosan dengan menanam pisang lokal, Kamis (24/03/2022).

Desa Baturaja Baru merupakan desa yang mempunyai jumlah 400 Kartu Keluarga (KK) sebanyak 1000 jiwa, penduduk desa baturaja baru mayoritas bermata pencarian sebagai petani, untuk meningkatkan pendapatan petani Pemerintah Desa (Pemdes) Baruraja baru membuat terobosan menanam pohon pisang lokal di atas lahan 8500, m2.

Desa ini mengalokasikan Anggaran tahun 2021 kemarin yang menggunakan Angaran APBN Dana Desa (DD) untuk pembibitan pisang dan dan menanam pisang lokal sebanyak 1500 pohon yang ditanam di arel seluas 8500, m2 dan penanaman dilakukan di salah satu lahan kebun di wilayah setempat dan sudah terealisasi.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Desa Baturaja Baru Agustian Hadinata, SE atau yang akrab di panggil Tian ini menjelaskan penanaman pohon pisang lokak ini merupakan salah satu kebutuhan masyrakat Desa Baturaja baru

“Selama ini pisang dibeli dari pasar dengan harga cukup mahal, dengan menanam pisang sendiri semogga nantinya bisa dipergunakan warga setempat untuk kebutuhan ” Kata Tian selaku ketua pokja desa baturaja baru.

Lanjutnya, saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyrakat karena sudah merelakan waktu, tenaga dan tempat untuk pelaksaan penanaman pohon pisang, meskipun tidak bisa di nikmati secara langsung setidaknya dalam jangka panjang akan terasa manfaatnya jika sudah mulai produktif.

Sementara itu PJ Kepala Desa Baturaja baru Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Mgs Tarmizi mengatakan gagasan ini merupakan upaya Desa baturaja baru untuk berkreasi menggali sumber PAD .

“Alhamdulilah hari ini penanaman pohon pisang sudah terealisasi semua, dan kegiatan ini akan dijadikan sebagai pusat edukasi para petani untuk meningkatkan sumber daya petani desa Baturaja baru”Pungkas Kepala Desa. (nofi)