Jadi Peserta Lomba Desa STBM 5 Pilar, Kades Berharap Desa Mojoarum Menjadi Desa Sehat dan Bebas Stunting

Berita, Jawa Timur726 Dilihat

 

TULUNGAGUNG, PILAR SUMSEL- Desa Mojoarum Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung, terpilih menjadi peserta lomba Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tingkat Kabupaten Tahun 2022. Tak hanya itu, Desa Mojoarum juga dipilih menjadi Desa yang mewakili Kecamatan Gondang dalam lomba Desa bersih itu.

Kepala Desa Mojoarum, Emmy Siksowati menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan lomba, khususnya para tenaga kesehatan Puskesmas Desa Mojoarum yang sudah membimbing dan mengarahkan sehingga terpilih menjadi peserta lomba.

Selain itu, Kades juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa khususnya warga RT.004/RW.001 yang telah berpartisipasi, guyub rukun, saling bekerjasama untuk pelaksanaan lomba desa.

“Semoga guyub rukun ini tidak hanya dalam menghadapi lomba, tapi terus dilaksanakan untuk menciptakan hidup bersih, aman dari segala penyakit,” kata Emmy di Kantornya.

Sebagai Kepala Desa, Emmy mengaku selalu mengingatkan warganya untuk menerapkan 5 pilar STBM yaitu tidak BAB (buang air besar) sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan makanan dan minuman dengan benar, pengelolaan sampah dengan benar dan pengelolaan limbah cair secara tepat.

Program STBM Desa Mojoarum, juga berkaitan dengan program pencegahan stuntin, yang mana pelaksanaan STBM dalam jangka panjang dapat menurunkan prevalensi stunting dan menurunkan angka kematian yang diakibatkan oleh sanitasi yang kurang baik.

“Kepada semua pihak yang terlibat saya sampaikan terimakasih, semoga keikhlasan ini mendapat ridho Allah SWT. Dan semoga kerjasama ini bisa membuahkan hasil yang baik, demi kesehatan dan kenyamanan Desa Mojoarum ini. Dan Desa Mojoarum bisa terbebas dari stunting,” ucapnya.

Emmy menjelaskan, dari total 19 Desa di Kecamatan Gondang, ada 12 Desa yang lolos dan Desa Mojoarum adalah satu-satunya Desa untuk mewakili Kecamatan Gondang pada lomba tingkat Kabupaten Tahun 2022.

Terpilihnya Desa Mojoarum, karena Desa Mojoarum adalah desa pertama yang sudah melakukan Open Defecation Free (ODF). ODF Desa Mojoarum juga ada monumennya yang terletak di pintu masuk Desa.

“Awal memang Mojoarum, kemudian inovasi-inovasi kita kembangkan. Dan saya berharap Desa Mojoarum menjadi desa yang sehat, bersih dari segala penyakit dan terbebas dari stunting,” tutupnya.(dwi)