Jajaran Lapas Banyuasin Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Utama269 Dilihat

Banyuasin, PS-Dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin mengikuti upacara secara virtual, Rabu (01/06/2022).

Kegiatan dipimpin langsung oleh presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Toraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende , Nusa Tenggara Timur.

Ende dipilih karena mempunyai sejarah dalam penggalian nilai – nilai Pancasila, khususnya pada masa bung Karno saat menjalani pengasingan selama 1934 – 1938.

Dengan mengenakan seragam adat Indonesia, upacara berlangsung secara khitmad meski digelar secara virtual. Seluruh pegawai Lapas Banyuasin tampil modis dengan seragam adatnya masing – masing.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya mengajak seluruh anak bangsa dimanapun berada untuk bersama – sama membumikan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan sehari – hari, baik dalam bermasyarakat dan bernegara.

“saya mengajak kepada semua masyarakat bangsa Indonesia untuk bersama – sama mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam berbangsa dan bernegara, sebab dengan mengamalkan nilai – nilai itulah yang membuat Indonesia menjadi kokoh hingga saat ini,” ungkapnya.

Selain itu, Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Kemenkumham Sumsel Ronaldo Devinci Talesa mengungkapkan, Pancasila merupakan ideologi bangsa yang harus dijaga dengan baik dan diaktualisasikan dalam kehidupan bernegara.

“melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini, semakin memperteguh nilai – nilai luhur Pancasila dan menjadi acuan dalam menjalani kehidupan bernegara di Indonesia,” pungkasnya.(Eggy)