Kapolres Mura Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Kepala Sekolah Yuharto, Atas Korban Lakalantas

Pelaku Terlibat Lakalantas Oknum Anggota Polri Ditahan

Berita, Utama441 Dilihat

MUSI RAWAS-Usai menghadiri sidang Paripurna Dalam Rangka HUT Musi Rawas Ke 80 Tahun 2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Mura, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, sekitar pukul 15.30 WIB, Rabu (3/5/2023).

Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH didampingi Kasat Reskrim, AKP Muhammad Indra Prameswara dan Kanit Pidsus, Ipda Niko Rosbarinto, langsung menggelar press release mengenai kejadian lakalantas terjadi kemarin, Selasa (2/5/2023).

Saat menggelar press release, Kapolres didampingi Kasat Reskrim dan Kanit Pidsus, serta seluruh personil Polres Mura, turut berbelasungkawa atas kejadian kecelakaan yang menimpa alm Bapak Yuharto dengan oknum anggota Polres Mura.

Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH mengucapkan turut berbelasungkawa atas terjadinya kecelakaan lalulintas yang menimpa, Yuharto kepala sekolah dengan oknum anggota Polri, Polres Mura, berinsial Bripda A.

“Innalillahiwainnailaihirojiun, innalillahiwainnailaihirojiun, innalillahiwa innailaihi rojiun. Jadi kami informasikan bahwa kemarin pada tanggal 2 Mei 2023, hari Selasa, telah terjadi kecelakaan lalu lintas berlokasi didepan Pom Bensin di Jalan Muara Beliti, tepatnya di Jalan Lintas Tengah Sumatera, yaitu di Kabupaten Mura, antara kendaraan Honda Beat warna Silver yang baru saja keluar dari arah pom bensin, yang dikendarai, Yuharto, menuju arah Muara Beliti jadi kendaraan tersebut tertabrak oleh mobil Toyota Agya yang dikendarai oleh seorang anggota Polri, oknum anggota kepolisian Polres Mura, anggota kami, berinsial Bripda A. Oleh sebab itu, saya atasnama Polres Mura, mengucapkan turut berduka cita dan berbelasungkawa atas kejadian tersebut,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, dari informasi bahwa kejadian tersebut sekitar pukul 07.30 WIB, setelah kejadian tersebut korban langsung kami bawa ke rumah sakit Siti Aisyah pada saat setelah terjadi lakalantas tersebut, kondisi beliau masih hidup.

Kemudian saat dibawa ke Rumah Sakit Siti Aisyah tersebut, almarhum meninggal dunia, kemudian setelah itu almarhum di bawah menuju rumah duka di Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas dan sudah dimakamkan, kemarin sekitar pukul 16.00 WIB, setelah salat Ashar.

“Jadi dapat kami informasikan bahwa di sini pelaku yang terlibat dalam kecelakaan tersebut itu adalah oknum anggota Polri Polres Mura, yang saat ini sudah kami amankan (Tahan), dan saat ini masih proses penyidikan dan kami juga menyampaikan bahwa terhadap pelaku tersebut kami akan kenakan tindakan khusus kepolisian akan dikenakan sanksi dan untuk pidananya juga masih berjalan, karena masih proses penyidikan masih berjalan oleh Unit Lakalantas Polres Mura,” jelas suami Ny Anggita Danu.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, dari pengakuan dari oknum ini, sengaja dari perjalanan, jadi memang dari anggota kami ini sedang melakukan perjalanan menuju arah Lubuklinggau dalam melaksanakan kegiatan dinas, sehingga pada saat melaju jalur tersebut tentunya berupaya untuk sebelah kanan, namun ini nanti akan pendalam sekali proses pemeriksaan.

Tetapi memang kami juga sangat menyayangkan musibah ini terjadi pada saat pagi hari dan kemudian juga monitor bahwa Bapak Yuharto merupakan seorang guru kepala sekolah, sehingga ini yang sangat kami sayangkan, beliau melakukan perjalanan mengisi bensin dan kemudian dari arah keluar SPBU tersebut rencana untuk berbelok kanan memotong jalan dari arah SPBU.

Namun karena musibah ini sudah terjadi kami mengucapkan turut berdukacita sedalam-dalamnya kepada keluarga yang ditinggalkan dan kami tentunya Polri, akan usahakan dengan anggota kami.

Dan, dari pihak keluarga, kami kemarin sudah bertemu dengan pihak keluarga dan keluarga juga tetap mengikhlaskannya, namun kami tetap dari pihak kepolisian sudah kejadian seperti ini, kami serakan sesuai ketentuan berlaku, proses yang dilakukan tetap berjalan. Yang jelas kami akan melakukan proses disiplin, kami juga akan melakukan pengecekan atau pendalaman kembali.

“Dan, saya juga menegaskan, mengenai adanya pemberitaan bahwa tabrakan atau kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan kendaraan polisi, perlu kami klarifikasi bahwa ini bukan kendaraan dinas kepolisian, ini merupakan kendaraan pribadi Toyota Agya warna putih. Dan memang sekaligus yang sangat kami sesalkan yang terlibat kecelakaan lalu lintas ini adalah anggota Polri, Polres Mura. Kami juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat terkait kecelakaan lalu lintas di jalan ini bisa menimpa siapa saja bahkan menimpa anggota kami, oleh sebab itu kami berharap kepada masyarakat untuk berhati-hati untuk mengingatkan kembali kepada para pengendara kendaraan kendaraan bermotor agar selalu memakai helm dan seluruh masyarakat untuk mengetahui hal ini, dengan sesama dan kemudian kami dari kepolisian tentunya akan memproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tuturnya. (ag/rls)