Kapolres Musi Rawas Berikan Tips Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman

Berita, Sumsel537 Dilihat

MUSI RAWAS– Kapolres Musi Rawas (Mura), AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH memberikan beberapa tips saat pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah Tahun 2023 kepada warga yang ingin melakukan perjalanan mudik.

Tips tersebut meliputi, tips agar nyaman dan aman saat perjalanan mudik serta tips menggunakan kendaraan pribadi saat melakukan perjalanan mudik lebaran.

Hal tersebut dibenarkan oleh, Kapolres Musi Rawas, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH saat dikonfirmasi sekitar pukul 07.00 WIB, Rabu (12/4/2023)

“Sedikit berbagi kepada warga yang ingin mudik kekampung halaman, dengan memberikan beberapa tips agar warga bisa aman dan nyaman saat mudik,”kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, diantaranya, tips agar Nyaman dan Aman Saat Mudik diantaranya, 1. Pastikan Pintu dan Jendela terkunci dengan rapat. 2. Cabut barang elektronik dari stop kontak. 3. Tidak meninggalkan barang berharga. 4. Lapor RT/RW setempat. 5. Memasang detektor di pintu dan jendela. 6. Lepas regulator gas.7. Pastikan token listrik terisi.

“Kemudian, 8. Nyalakan lampu teras dan beberapa lampu dirumah. 9. Memasang Kamera Pengawas. 10. Kosongkan penampung air. 11. Mematikan keran air. 12. Bersihkan rumah dan 13. Titipkan hewan peliharaan, dokumen-dokumen penting kepada tetangga atau keluarga yang dipercayai,” jelas suami Nya Anggita Danu.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, kemudian tips mudik menggunakan kendaraan pribadi, diantaranya, 1. Siapkan kondisi fisik agar tetap prima. 2. Pastikan kendaraan juga prima. 3. Bijak dalam membawa barang bawaan dan penumpang. 4. Menyiapkan anggaran dan membawa uang tunai. 5. Menjaga daya batrei ponsel dan kuota internet.

Lalu, 6. Menyiapkan bekal makan dan minum secukupnya. 7. Mempelajari rute yang akan dilalui serta alternatifnya. 8. Memastikan kondisi bahan bakar selalu ada. 9. Menyiapkan serta mengatur tempat menginap dari awal dan 10. Membawa semua perlengkapan anak.

“Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk warga yang ingin melakukan perjalanan mudik lebaran kekampung halaman,” tuturnya. (rls)