Kendalikan Inflasi, Pemkab Muba Gelar Operasi Pasar Beras Murah

Berita, Sumsel519 Dilihat

SEKAYU– Dampak inflasi yang sedang melanda ekonomi di berbagai daerah, menjadi kekhawatiran bagi pemerintah untuk tetap menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di Daerah.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muba menggelar Operasi Pasar Beras Murah bekerjasama dengan Bulog Drive Provinsi Sumatera Selatan Dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Muba, Rabu (15/2/2023) di Halaman Kantor Camat Sekayu.

Penjabat (Pj) Bupati Muba Drs H Apriyadi, melalui Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Safaruddin MSi mengatakan,
pelaksanaan kegiatan operasi pasar beras murah ini dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok di Kabupaten Musi Banyuasin. Untuk saat ini beras dan minyak goreng berdasarkan hasil pemantauan harga dan stok sudah menunujukkan tren kenaikan harga di pasar-pasar tradisional.

“Untuk itu, kami mengucapkan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Perum Bulog Drive Sumsel Babel atas kontribusinya sehingga terselengggaranya kegiatan operasi pasar beras murah di kecamatan sekayu ini. Sesuai dengan apa yang diharapkan kegiatan ini akan diselenggarakan pada beberapa kecamatan yang ada di Muba,”ungkapnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan operasi pasar beras murah ini di kucurkan beras sebanyak 10.000 Ton beras dan juga ada tepung terigu. “Bantuan dari pemerintah tersebut sebenarnya sangat kecil sekali nilainya, tapi harapan pemerintah dengan diadakannya operasi pasar beras murah ini dapat membantu masyarakat, khususnya masyarakat yang terdampak inflasi,”tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muba Azizah SSos MT menyampaikan, Operasi Pasar Beras Murah diperuntukkan bagi masyarakat Musi Banyuasin khususnya Kecamatan Sekayu dan sekitarnya. Tujuan OP Beras Murah adalah untuk mendukung program Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Muba juga dalam rangka menjamin ketersediaan bahan pokok dan stabilisasi harga kebutuhan pokok menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1444 H.

“Dalam pelaksanaan operasi pasar ini, kualitas beras nya yaitu premium dengan harga medium yang di jual dengan harga Rp. 8.500,-/Kg dalam kemasan karung 5 Kg. Pada pelaksanaan operasi pasar ini juga di jual tepung terigu merek terigu kita sebanyak 2000 Kg dengan harga Rp. 12.500,-/Kg. Jadi untuk satu paket beras dan tepung terigu total harganya Rp. 55.000. Nantinya, kegiatan operasi pasar beras murah ini juga akan dilaksanakan di kecamatan lain dalam Kabupaten Muba,”tandasnya. (ag)