Kesenian Jaranan Turonggo Yakso Sambut Kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat

Berita, Jawa Timur448 Dilihat

pilarsumsel.com Trenggalek, Jawa Timur – Kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, di kota tempe kripik Trenggalek, yang bertajuk AHY Dolan Trenggalek itu ke Pasar Pon, Jalan Panglima Sudirman, kemarin malam, Kamis (19/5/2022), mendapat sambutan meriah dari masyarakat Trenggalek dan sekitarnya.

Sebelum kedatangan AHY beserta rombongan, masyarakat Trenggalek dihibur oleh tarian khas Trenggalek, yaitu Turonggo Yakso dan musik electone dari musisi kondang asal Watulimo, Rofik Ali.

Mata masyarakat pun dimanjakan oleh gemulai gerak tubuh seniman jaranan Turonggo Yakso sesuai rampak gamelan yang mengikuti. Begitu piawainya mereka dalam menari diatas kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu, seolah-olah mereka menunggangi kuda sesungguhnya. Kesenian jaranan Turonggo Yakso tersebut adalah kesenian asli Kabupaten Trenggalek.

Setelah puas dihibur oleh tarian Tradisional Jaranan Turonggo Yakso, pendengaran masyarakat pun kembali dihibur oleh alunan musik lembut dari musisi electone kondang asli Trenggalek, Rofik Ali, dulunya pernah membawakan lagu ciptaan SBY, yaitu Koncoku Budi.

Hiburan musik electone berkumandang, nampak masyarakat menikmati sekali dengan mengikuti bait-bait lagu tanpa dikomando, kemeriahan yang melepas dahaga akan hiburan setelah dua tahun didera Pandemi Covid-19. Seakan-akan mereka pun enggan beranjak dari tempat duduknya.

Akhirnya, yang ditunggu-tunggu masyarakat Trenggalek dan sekitarnya, tiba. AHY beserta rombongan disambut meriah oleh masyarakat Trenggalek, ada yang bersalaman, meminta foto selfie, dan sebagainya.

Nampak dalam rombongan itu, Edhi Baskoro Yudhoyono (Ibas), anggota DPR RI Dapil 7 Jawa Timur, Sartono, Emil Elistianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Partai Demokrat Jatim, Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara juga anggota Partai Demokrat Trenggalek, dan Kang Obeng, Ketua Partai Demokrat Trenggalek.

AHY pun naik ke atas panggung untuk menyapa masyarakat Trenggalek dan sekitarnya sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih karena telah menunggu sekian lama dibarengi hawa dingin setelah siangnya Kabupaten Trenggalek diguyur hujan lebat.

Setelah selesai berpidato, AHY pun berpamitan, bersama rombongan menuju Hotel Jaas, untuk beristirahat, dan keesokan harinya menuju Kabupaten Ponorogo.

(bud)