KKKS Pertamina EP Prabumulih Field Raih Dua Penghargaan di Ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2023

Berita, Utama593 Dilihat

Prabumulih- Pertamina EP Prabumulih Field kembali meraih penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2023 berkat komitmen dan konsistensinya dalam menjalankan seluruh Program Pengembangan Masyarakat (PPM). Kompetisi yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Corporate Social Responsibility ini berlangsung di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, 22 Februari 2023. Indonesia Green Awards 2023 dihadiri oleh perusahaan swasta maupun BUMN. Selain itu, penghargaan ini juga diserahkan secara langsung oleh Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) untuk kategori program penanganan sampah plastik dan pengembangan wisata konservasi alam.

Pada tahun 2023 ini, PEP Prabumulih Field berhasil memenangkan dua penghargaan sekaligus yakni kategori: 1) Penanganan sampah plastik dengan program Plastik Daur Ulang (PAK DALANG); 2) Pengembangan wisata konservasi alam dengan program Lembak Desa Wisata Danau Shuji (MBAK DEWI SHUJI) kedua program ini merupakan program yang direalisasikan pada tahun 2022 berdasarkan persetujuan SKK Migas. Pada ajang ini, PEP Prabumulih Field terpilih sebagai perusahaan terbaik dari 200 perusahaan dalam negeri yang berpartisipasi, baik swasta maupun BUMN.

PEP Prabumulih Field berhasil memenangkan kompetisi ini karena dari hasil penilaian Program Pengembangan Masyarakatnya dinilai paling baik berdasarkan 3 aspek utama, yaitu dampak kegiatan PPM bagi lingkungan, pendidikan, kemiskinan, dan community development. Keberlanjutan program (sustainability) serta kontribusi Program Pengembangan Masyarakat terhadap bottom line perusahaan juga menjadi poin penting dalam penilaian ini. Selain itu, kemenangan ini juga berkat sinergitas antara perusahaan dengan pemerintah yang berkomitmen dalam memberdayakan masyarakat agar mandiri di bidang lingkungan, sosial, dan ekonomi. Kedua program PEP Prabumulih Field, PAK DALANG dan MBAK DEWI SHUJI, selaras dengan visi dan misi perusahaan yang merujuk pada prinsip Good Corporate Governance.

Senior Manager PEP Prabumulih Field, Jemy Oktavianto, mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas dua penghargaan yang diraih oleh PEP Prabumulih Field pada ajang tersebut. Pada awal tahun 2023 ini, PEP Prabumulih Field sudah berhasil mengoleksi dua penghargaan dari ajang yang berbeda dimana pada awal Februari lalu, PEP Prabumulih Field juga meraih penghargaan emas dalam ajang CSR & PDB Awards yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa Republik Indonesia.

“Penghargaan atas implementasi program ‘MBAK DEWI SHUJI’ dan ‘PAK DALANG’ diharapkan dapat menjadi program yang sustainable dan tentunya bermanfaat bagi lingkungan di sekitar perusahaan.” ungkap Jemy.
Kedepannya, masyarakat di Wilayah Kerja Perusahaan (WKP) PEP Prabumulih Field diharapkan dapat mendukung dan menyukseskan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang sudah dirancang agar sinergi antara masyarakat, pemerintah, dan perusahaan terus terjalin dengan baik.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan menyampaikan apresiasinya kepada PEP Prabumulih Field atas penghargaan yang telah diterima. “Harapannya kedepan program-program yang dijalankan untuk memberikan manfaat ini dapat terus dikembangkan sehingga semakin banyak pula pihak dan khususnya masyarakat yang dapat merasakan manfaat dengan adanya kegiatan hulu migas di daerah,” ujar Anggono.

Baca juga:  Pertamina EP Prabumulih Tambah Produksi dari Sumur Pengembangan Lembak

Ia juga menyampaikan, selain untuk meraih berbagai penghargaan, pertimbangan utama dari Program Pengembangan Masyarakat oleh KKKS ini adalah apa yang paling bisa memberikan dampak positif sebesar-besarnya kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan dan daerah.(Ril/Humas SKK Migas)