KPU Kabupaten Trenggalek Memanggil Masyarakat Ikut Berpartisipasi Pada Pemilu 2024

Berita, Jawa Timur411 Dilihat

pilarsumsel.com Trenggalek, Jawa Timur – KPU Kabupaten Trenggalek menggelar Sosialisasi Tatap Muka Media Gathering bertajuk Peran Media Dalam Mensukseskan Pemilu serentak 2024 di PHD Edu Farm RT 39 RW 10 Lotekol Malasan Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek, Selasa (8/11/2022).

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Gembong Derita Hadi dalam sambutannya yang diwakili oleh Nurani, Komisioner KPU Kabupaten Trenggalek Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM mengatakan, kegiatan Ini diselenggarakan untuk membangun sistem kerja yang efektif untuk mempersiapkan tahapan pembentukan Pengawas Ad Hoc pada pemilu tahun 2024. KPU Kabupaten Trenggalek sedang melakukan persiapan perekrutan badan adhoc, yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) Pemilu 2024.

“Adapun tahapan-tahapan pembentukan badan adhoc ini, antara lain pengumuman pendaftaran, tahapan pendaftaran, verifikasi administrasi, tes tulis dan wawancara, dan penetapan sebagaimana pemilu 2019. Ada hal yang berbeda dalam proses pembentukan badan adhoc ini dengan pemilu yang sebelumnya. Kalau dulu prosesnya menggunakan manual sedangkan proses pada pemilu tahun 2024 menggunakan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA). Sehingga nantinya, bagi para calon yang memiliki keinginan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota PPK maupun PPS, dilakukan melalui sistem digital,” katanya.

“Namun terkait pembentukan badan adhoc ini, KPU Kabupaten Trenggalek masih menunggu Rancangan PKPU Pembentukan badan adhoc di undangkan dan juknisnya,” tambahnya.

Dirinya juga berharap proses perekrutan badan Ad Hoc ini tersampaikan secara luas ke masyarakat, sehingga pendaftar di masing-masing kecamatan dan desa ramai mengikuti seleksi PPK/PPS.

(bud)