Kronologi Ade Armando Digebuki dan Ditelanjangi di Depan Gedung DPR saat Demo 11 April

Nasional, Politik, Utama345 Dilihat

Siapa Ade Armando yang digebuki dan ditelanjangi di depan gedung DPR saat demo 11 April 2022? Berikut profil Ade Armando.

Dilansir dari Suara.com dengan judul “Siapa Ade Armando yang Digebuki dan Ditelanjangi di Depan Gedung DPR saat Demo 11 April?”

Ade Armando digebuki. Ade Armando digebuki hingga babak belur saat ikut demo mahasiswa 11 April di depan gedung DPR. Begini kronologis Ade Armando digebuki.

Ade Armando merupakan pegiat media sosial sekaligus Dosen Universitas Indonesia.

Dikutip dari berbagai sumber, Ade Armando lahir dari keluarga yang hijrah dari Minangkabau pasangan Mayor Jus Gani dan Juniar Gani.

Ade Armando anak bungsu dari tiga bersaudara.

Ade Armando mengenyam pendidikan di SD Banjarsari I Bandung (tamat 1973), SMP Negeri 2 Bogor (tamat 1976), dan SMA Negeri 2 Bogor (tamat 1980). Ia menderita kerusakan mata rabun jauh dan saat SMP kerusakannya mencapai minus enam.

Sesuai saran ayahnya, setamat SMA ia mendaftar kuliah di FISIP UI untuk menjadi diplomat. Namun, karena nilai mata kuliah ilmu pengantar politiknya rendah, ia pindah ke jurusan ilmu komunikasi.

Di kampus, ia aktif dalam pers mahasiswa di Warta UI. Ia mengaku berjualan rempeyek di kampus untuk menutupi uang kuliahnya. Ia belajar menjadi wartawan dari Rosihan Anwar dan Masmimar Mangiang. Ia lulus sarjana komunikasi dan meraih gelar doktorandus pada 1988.

Ade meraih gelar master of science dalam population studies dari Universitas Negeri Florida pada 1991. Selanjutnya, ia meraih gelar doktor dari Universitas Indonesia pada 2006.

Karier Ade Armando

Beredar viral di media sosial Twitter, sebuah akun yang sempat mengunggah foto Ade Armando sebelum dikeroyok dan ditelanjangi massa, saat demonstrasi di depan gedung DPR RI, Senin (11/4/2022). [Twitter]
Beredar viral di media sosial Twitter, sebuah akun yang sempat mengunggah foto Ade Armando sebelum dikeroyok dan ditelanjangi massa, saat demonstrasi di depan gedung DPR RI, Senin (11/4/2022). [Twitter]
Ade Armando pernah menjadi wartawan majalah Prisma (1988–1989) dan Redaktur Penerbit Buku LP3ES (1991–1993). Pada 1993, Ade menjadi redaktur Republika, surat kabar Islam, sesuai obsesinya. Karena tekanan politik Orde Baru dan dirasa tidak objektif, ia lantas keluar dari koran itu.

Setelah itu Ade berhenti menjadi wartawan. Ade Armando beralih menjadi peneliti dan Manajer Riset Media Tylor Nelson Sofres pada 1998–1999.

Setelah itu Ade Armando diajak bergabung oleh Marwah Daud Ibrahim menjadi Direktur Media Watch & Consumer Center pada 2000–2001 yang dianggapnya independen dan tidak memihak Habibie.

Nama Lengkap: Ade Armando
Lahir: 24 September 1961
Pendidikan: Florida State University, Amerika Serikat, Universitas Indonesia
Pekerjaan: Dosen, Pegiat Media Sosial
istri: Nina Mutmainnah Armando
Anak: Yasmin Rifdaniar, Feisal Irfansyah
Ade Armando dianiaya sekumpulan massa yang diduga bukan dari kelompok mahasiswa.

 

Dia dianiayai hingga tersungkur ke aspal bahkan celana panjang yang dikenakannya hilang.

Ade juga mencoba melindungi kepala dan badan sambil tersungkur ke tanah ketika dia menerima amukan massa.

Ade lantas dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

# Penyusup

Guntur Romli mengatakan bahwa kehadiran Ade dalam aksi demo tersebut untuk ikut mendukung penolakan penundaan pemilu. Namun ia tidak menyangka atas adanya penyusup yang disebutnya kerap membawa nama agama untuk menyelamatkan demokrasi.

Potret Guntur Romli (Suara.com/Ria Rizki)
Potret Guntur Romli (Suara.com/Ria Rizki)
“Yang tak terduga banyak penyusup-penyusup preman-preman intoleran, radikal yang selama ini bawa-bawa agama yang tiba-tiba mengaku ingin selamatkan demokrasi,” kata Guntur Romli melalui akun Twitternya @GunRomli pada Senin.

Guntur Romli lantas menilai kalau pihak yang melakukan penyerangan terhadap Ade menjadi bukti preman-preman intoleran, radikal dan garis keras yang selama ini mempolitisasi agama. Alih-alih menyelamatkan demokrasi, ia malah menuding kelompok penyerang Ade lah yang malah merusak demokrasi.

Atas apa yang terjadi menimpa Ade, Guntur Romli meminta kepada aparat penegak hukum untuk menangkap para pelaku.

“Waktunya penegak hukum bekerja, tangkap para pelaku dan seret para penganiaya-penganiaya biadab pada Ade Armando. Jangan kasih ampun dan kasih sisa.”

Diteriaki Buzzer Sebelum Dikeroyok

Pegiat media sosial Ade Armando dikeorok saat hadir di tengah demonstrasi dari berbagai kalangan di depan gedung DPR RI, Senin (11/4/2022). (tangkap layar/ist)
Pegiat media sosial Ade Armando dikeorok saat hadir di tengah demonstrasi dari berbagai kalangan di depan gedung DPR RI, Senin (11/4/2022). (tangkap layar/ist)
Video sebelum Ade Armando dikeroyok pengunjuk rasa di depan Gedung DPR viral di media sosial.

Dalam video beberapa pengunjuk rasa berteriak ke arah Ade Armando dengan kata-kata menghina. “Penjilat, pengkhianat, munafik, buzzer,” kata pengunjuk rasa dalam video.

Hinaan pengunjuk rasa ini pun sempat dibalas Ade Armando dengan kata-kata “Kenapa kamu”

Tidak lama kemudian terjadilah pengeroyokan. Menyebabkan Ade Armando tergeletak di jalan dengan kondisi mengeluarkan darah.

Pegiat media sosial, Ade Armando menjadi korban pengeroyokan saat hadir di tengah demonstrasi dari berbagai kalangan di depan gedung DPR RI, Senin (11/4/2022).

Berdasarkan Pantauan Suara.com, Ade Armando tiba-tiba menjadi bulan-bulanan sekelompok orang yang berada di lokasi aksi unjuk rasa mahasiswa. Akibat aksi kekerasan itu, tampak Ade Armando babak belur.

Diduga keributan itu terjadi ketika Ade Armando didatangi sekelompok orang. Tampak, terjadi dorong-mendorong ketika Ade Armando berada di tengah-tengah demonstrasi.

Ade Armando sebelumnya mengaku hadir untuk mendukung aksi yang akan dilakukan rekan-rekan mahasiswa di gedung DPR RI

Artikel ini sebelumnya diterbitkan oleh:

( Suara.Com ), dengan judul ‘Siapa Ade Armando yang Digebuki dan Ditelanjangi di Depan Gedung DPR saat Demo 11’

April?https://www.suara.com/news/2022/04/11/165048/siapa-ade-armando-yang-digebuki-dan-ditelanjangi-di-depan-gedung-dpr-saat-demo-11-april?page=all