Kunjungan Dinas Perpustakaan Sumsel, Lapas Banyuasin Terima Bantuan Buku Bacaan

Utama336 Dilihat

Banyuasin,PS-Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuasin menerima kunjungan dari dinas perpustakaan Sumatera Selatan, Kamis (24/06). Kunjungan kali ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Ibu Fitriana, S.Sos., M.Si beserta jajaran.

Kunjungan ini berupa pemberian bantuan berupa buku bacaan sebanyak 179 eksemplar. Selanjutnya buku ini akan digunakan di perpustakaan Lapas sebagai bahan bacaan untuk warga binaan.

Kepala Lapas Banyuasin melalui Kasi Administrasi Kamtib yang sekaligus Plh Kepala mengungkapkan ucapan terima kasihnya kepada Dinas Perpustakaan Sumsel. Menurutnya, antusiasme membaca yang tinggi dari warga binaan membuat pihaknya harus bersinergi memfasilitasi sarana dan pra sarana perpustakaan, terutama buku.

“Warga binaan sering bertanya kepada kami kapan ada buku baru. Hal ini wajar, karena ini lah yang menjadi hiburan mereka selama berada di dalam. Jadi selain menghilangkan rasa jenuh, sekaligus juga dapat menambah ilmu mereka,” jelasnya.

Yudhi sapaan akrabnya mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya bantuan buku tersebut. Ia berharap tak hanya sekali ini saja, melainkan kerja sama ini terus berkelanjutan, misalnya dalam hal pembaharuan buku bacaan yang dilakukan secara rutin.

Selain itu, Kepala Dinas Perpustakaan Sumatera selatan Fitriani, S.Sos., M.Si mengungkapkan rasa bangga nya kepada warga binaan Lapas Banyuasin. Pasalnya membaca buku masih diminati oleh mereka meski berada di Lapas.

“Hal ini sangat perlu untuk kita dukung, karena dari buku yang dibaca mereka akan bisa membuat keterampilan dan karya yang bisa bermanfaat untuk dirinya dan masyarakat. ,” ungkapnya.

Fitriani menjelaskan, ucapan terima kasih juga ia sampaikan kepada pihak Lapas atas sambutannya, ke depan dinas Perpustakaan akan membuat program kerja sama yang lebih banyak lagi dengan Lapas.

“Tahun 2022 akan kami anggarkan untuk membuat pojok baca di Lapas. Selain itu juga, kami bersedia bekerja sama dalam hal pembinaan keterampilan, membuat kerajinan tangan, dan lain lain,” ungkapnya.

Diakhir acara, Plh kalapas dan jajaran melakukan proses serah terima dan penandatanganan berita acara serah terima buku. Sebelum pulang tim dari dinas perpustakaan menyempatkan sesi poto bersama.

Di kesempatan yang sama pula, Amir Sutisna Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca memberikan sharing ilmu tentang cara membaca karakter seseorang melalui tanda tangan. Tentunya hal ini dapat meningkatkan keakraban dengan pegawai, sehingga terbentuk hubungan yang harmonis antar instansi.(Eggy)