Lapas Banyuasin Kelas IIA Peringati Isra Miraj 1443H Ajak WBP Tingkatkan Iman dan Taqwa

Utama345 Dilihat

Banyuasin, PS-Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin, mengelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah.

Kegiatan ini berlangsung di Masjid Nurul Hidayah yang berada di dalam lingkungan Lapas. Para pegawai dan puluhan warga binaan duduk bersama mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Isra Miraj. Di sisi lain, keluarga dan kerabat warga binaan mengikuti secara virtual melalui aplikasi Zoom yang disediakan panitia.

Isra miraj tahun 1443 H kali ini mengambil tema ‘Wujudkan Jiwa yang Taat dalam Meraih Iman dan Taqwa kepada Allah SWT’, dengan penceramah Ustadz KH Irwansyah yang merupakan salah satu anggota MUI Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan Tilawah oleh dan sari Tilawah oleh petugas (M Fadhil Maulidin dan Sri Wahyuni), dilanjutkan dengan penampilan hadrah dari warga binaan, lalu sambutan oleh Kepala Lapas kemudian ceramah agama sekaligus doa yang dipimpin oleh Ustadz KH Irwansyah.

Kepala Lapas Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa dalam sambutannya mengatakan, perjalanan yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW dari masjidil haram ke masjidil aqsa dan ke sidratul muntaha ini diharapkan mampu meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

“Banyak hikmah yang dapat diambil dari kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW pada peringatan Isra Mi’raj. Sehingga momen ini dapat menjadi kesempatan untuk mengingat kembali peristiwa yang luar biasa tersebut,” jelasnya.

Selain itu, Ustad KH Irwansyah selaku penceramah menyampaikan betapa sangat bersejarahnya peristiwa yang dialami oleh Rasulullah SAW yang dikenal dengan Isra Miraj ini. Semua yang terjadi itu menjadi bukti kebesaran dan kekuasaan dari Allah SWT.

“Peringatan Isra Mi’raj memberikan hikmah akan perintah pelaksanaan salat lima waktu yang wajib dilakukan oleh umat muslim, yang diperintahkan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui peringatan ini, selagi masih ada umur yang panjang, mari kita sama – sama meningkatkan ibadah kepada Allah SWT,” ujarnya.(Eggy)