Perwakilan Media Berikan Pohon Sungkai Pada Lapas Banyuasin Mencegah Covid-19

Utama161 Dilihat

Banyuasin,PS- Perwakilan pers dari media online Banyuasin menyerahkan bantuan sebanyak 7(tujuh) bibit pohon sungkai kepada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin. Kamis (29/07/2021). Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin menerima secara langsung dan melakukan penanaman secara simbolis di halaman dapur Lapas.

Tanaman ini sempat viral lantaran dianggap mampu menyembuhkan pasien covid – 19, meski belum terbukti secara ilmiah seperti dilansir pada website covid19.go.id mengutip laman Liputan6 melalui pernyataan Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Persahabatan (RSUP) yakni dr. Erlinda Burhan. Akan tetapi, terdapat suatu penelitian untuk menemukan khasiat dari daun sungkai. Melansir dari laman berita Antara yang mengutip melalui laman mhomecare.id, daun muda sungkai memiliki potensi manfaat untuk menurunkan suhu tubuh dan sakit kepala.

Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa mengatakan bahwa penyerahan bibit pohon sungkai ini merupakan salah satu upaya untuk setidaknya menghindari gejala – gejala Covid – 19. Melansir dari laman balpos.com, mengutip dari mhomecare.co.id, daun Sungkai (Peronema canescens) sudah banyak digunakan sebagai obat demam dan sakit kepala serta sakit gigi, asma, bahkan penyakit kulit seperti panu.

“Dari tiga bibit ini, kita akan tanam di beberapa titik, seperti di halaman dapur Lapas, kebun, dan lapangan Lapas. Kita berharap bibit pohon ini dapat ditanam serta dirawat dengan baik sehingga pada akhirnya rebusan daunnya dapat kita manfaatkan sebagai obat untuk warga binaan,’ tambahnya.

Ronaldo mengungkapkan ucapan terima kasihnya kepada pihak pers Media Online Banyuasin, bibit ini akan dirawat dan dipelihara oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan didampingi petugas bimbingan kerja.

“Ini juga merupakan salah satu bentuk sinergi dengan pihak luar, jadi bentuk kerja sama dengan media ini tidak hanya dalam bentuk publikasi dan dokumentasi saja, melainkan apa saja akan kami terima untuk kebaikan bersama, terutama untuk warga binaan Lapas Banyuasin, ” tutupnya.(Eggy)