Lapas Kelas IIA Banyuasin Beri Penyuluhan Skrining TBC dan HIV Kepada WBP

Utama539 Dilihat
Banyuasin,PS-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Banyuasin memberikan penyuluhan kesehatan kepada warga binaan. Jumat (09/04/2021).
Penyuluhan yang diberikan terkait dengan penyakit yang mudah tertular dan rentan dihadapi WBP selama berada di dalam Lapas, yaitu Tubercolosis (TBC) & HIV. Warga binaan diberi pemahaman tentang virus, penyakit, penularan, pencegahan hingga pengobatannya.
Kepala Lapas Banyuasin melalui Kasubsi Bimkemaswat, Rasta Yustinfernada mengungkapkan bahwa penyuluhan kesehatan yang diberikan kepada WBP merupakan program rutin dari Lapas kepada warga binaan. Melalui penyuluhan ini diharapkan warga binaan mengetahui pencegahan dan pengobatan dari penyakit tersebut.
“Menjaga kondisi kesehatan WBP sudah menjadi tanggung jawab lapas. Kita berharap WBP dapat menjaga kesehatan selama menjalani masa pidana di lapas Banyuasin ini dan dapat kembali ke keluarga dalam keadaan sehat,” harapnya.
Usai dilaksanakan penyuluhan, tim dari Dinkes Banyuasin bersama tim kesehatan Lapas Banyuasin melakukan skrining kepada peserta. Hal ini untuk mengecek apakah ada WBP yang terindikasi virus yang dimaksud.(Eggy)