Mas Wabup Syah Tinjau Layanan Masyarakat Saat Safari Ramadhan di Kecamatan Panggul

Trenggalek95 Dilihat

pilarsumsel.com Trenggalek, Jawa Timur – Melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Baitul Mutaqin, Dusun Slorok, Nglebeng, Panggul, Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara meninjau kegiatan pelayanan masyarakat yang diberikan oleh jajarannya.

Mengapresiasi layanan ini mas wabup bangga jajarannya masih semangat memberikan pelayanan di tengah-tengah menjalankan ibadah puasa. Selain itu juga antusias masyarakat yang sangat luar biasa, bahkan ada yang rela mengantri sejak pukul setengah satu siang.

“Jadi Alhamdulillah tadi Disdukcapil sudah selesai memberikan pelayanan. Kami bersyukur layanan yang ada di Panggul ini bisa berjalan dengan baik,” ucap Mas Syah, Jum’at (22/3/2024).

Bisa kita lihat, sambungnya menambahkan, “tadi antusias dari masyarakat cukup luar biasa, ada yang mulai dari 12.30. Jadi semoga ini membawa manfaat khususnya untuk masyarakat Panggul dan tempat tempat lain di safari-safari kita selanjutnya,” tutupnya.

Ririn Eko Utoyo, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Trenggalek menambahkan, “alhamdulillah layanan hari ini berjalan lancar. Kita berkolaborasi dengan teman-teman di Dinas Sosial dan Komindag,” tuturnya.

Khusus hari ini, jelas pria yang akrab disapa Eko itu, “kita melayani 39 cetak KTP-el. Terus KIA 9, KK 25 dan Akta Kelahiran 6. Tiap daerah permohonan tidak sama, tergantung keaktifkan perangkat, mungkin sering kali atau sudah rutin ke dinas membawa dokumen penduduknya. Termasuk mungkin kebetulan di Panggul juga ada UPT layanan Adminduk, ” tutup Ririn Eko.

Selain adminduk dari Disdukcapil, Dinas Sosial PPPA Kabupaten Trenggalek juga menyediakan layanan kesosialan, termasuk juga Posko GERTAK seperti pengajuan KIS dan yang lainnya. Sedangkan untuk Dinas Komindag, juga tetap konsisten memberikan layanan pasar murah bagi masyarakat tidak mampu.

Disediakan sebanyak 190 paket sembako (beras kemasan 5 kg dan minyak goreng kemasan 2 kg) seharga Rp. 52.000 rupiah. Dalam paket sembako ini Pemerintah Kabupaten Trenggalek memberikan subsidi sebesar 50% yang bersumber dari APBD Trenggalek. Harapannya tentu selain meringankan beban warga masyarakat yang membutuhkan, juga diharapkan dapat mengendalikan harga kebutuhan pokok yang harganya melambung.

Sambutan warga sangat luar biasa terhadap layanan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek seperti halnya Hidayatul Munawaroh, warga Desa Nglebeng Kecamatan Panggul, yang bersyukur bisa mendapatkan layanan Posko Gertak dalam kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Baitul Mutaqin, Dusun Slorok, Nglebeng, Panggul itu. Pihaknya mengajukan layanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk keluarganya.

Hidayatul berharap layanan seperti ini bisa terus dilanjutkan dan di dekatkan kepada masyarakat. Karena menurutnya layana seperti itu sangat membantu bagi masyarakat sepertinya.

(bud)