Ngabuburit Asyik Menjelang Adzan Berbuka Puasa

Berita, Jawa Timur499 Dilihat

pilarsumsel.com Trenggalek, Jawa Timur – Istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda. Ngabuburit atau mengabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadhan. Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman, dan sebagainya.

Begitu pun ragam kegiatan pengunjung yang nampak di seputaran Aloon-aloon Trenggalek, pria wanita, tua muda, bahkan anak-anak menanti saat berbuka puasa di tandai dengan berkumandangnya adzan Maghrib, Jum’at (24/03/2023).

Letak Aloon-aloon yang berdekatan dengan pendopo Manggala Praja Nugraha dan Masjid Jami’ menambah daya tarik bagi pengunjung yang sengaja menghabiskan waktu sorenya, hingga menjelang berbuka puasa. Lokasi yang strategis dan mudah di jangkau warga dari beberapa arah.

Apalagi di Aloon-aloon ada wahana bermain serta hiburan bagi anak-anak tepat di belakang bawah patung Garuda, fasilitas bagi pengunjung yang memadai, seperti tempat duduk, tempat berdagang UMKM yang tertata rapi, tempat parkir, lapangan bola basket atau volley, dan toilet yang telah disediakan oleh Pemkab Trenggalek.  Di tambah lagi penataan Aloon-aloon yang sedemikian artistik, sisi lain kebanggaan masyarakat Trenggalek Berteman Hati. (bud)