Pastikan Kesehatan Balita dan Cegah Stunting, Pemdes Tanjungsari Gelar Posyandu Rutin

Berita, Jawa Timur892 Dilihat

Tulungagung, Pilarsumsel.com – Bertempat di Dusun Tiyang, Desa Tanjungsari, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjungsari terus melaksanakan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Balita secara rutin untuk memastikan kesehatan serta tumbuh kembang anak dan Balita. (5/4/2023).

Bidan Desa Tanjungsari Oktavi Rahmawati mengatakan, kegiatan Posyandu ini rutin diadakan 1 Bulan sekali dan terbagi 3 Pos berbeda yang berada di Desa Tanjungsari. Posyandu yang di gelar hari ini di ikuti sekitar 36 Balita dengan di berikan pelayanan seperti, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, obat cacing dan pemberian makanan tambahan.

“Kegiatan Posyandu Balita ini rutin di gelar Satu Bulan sekali Minggu pertama setiap bulannya,”ucap Oktavi.

” Dalam menjalankan kegiatan Posyandu Desa, para Kader dibantu oleh petugas kesehatan atau Bidan Desa,”tambahnya.

Sebagai Bidan Desa Oktavi berharap, kegiatan posyandu dapat menjadikan kesehatan dan tumbuh kembang Balita tetap terjaga serta bisa mewujudkan Desa Tanjungsari sehat sejahtera dan bebas Stunting.

Ditempat berbeda, Kepala Desa Tanjungsari Balap Santoso mengatakan, kegiatan Posyandu adalah salah satu program pokok desa yang merupakan program prioritas Nasional yang dianggarkan dari DD (dana desa) terutama untuk pencegahan Stunting.

“Selain Posyandu Balita Pemdes Sambijajar setiap bulan juga mengadakan Posyandu Lansia dan Posbindu dengan anggaran dari Dana Desa (DD) agar masyarakat desa sehat, dan Balita bisa tumbuh berkembang dengan normal tidak mengalami Stunting,”kata Balap di kantornya, (5/4/23).

Sebagai Kepala Desa, Balap berharap
Kegiatan Posyandu Balita untuk mendeteksi tumbuh kembang Balita bila ada penyimpangan dalam tumbuh kembangnya, dan semoga para Balita dapat tumbuh berkembang secara optimal sesuai usianya.

“Dengan adanya Posyandu, tumbuh kembang Balita normal, sehat dan khususnya Desa Tanjungsari terbebas dari Stunting,”tutupnya. (Ar).