Pastikan Kesehatan Lansia, Pemdes Mojosari Gelar Posyandu Lansia Secara Rutin

Berita, Jawa Timur639 Dilihat

TULUNGAGUNG – Dalam rangka memastikan kesehatan serta mendeteksi dini warga lansia, Pemerintah Desa (Pemdes) Mojosari Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung menggelar Posyandu Lansia Rabu. (15/02/2023).

Posyandu lansia di gelar secara rutin di Balai Desa Mojosari setiap bulan dengan melayani setidaknya 60 warga lansia Desa setempat.

Kepala Desa Mojosari Agus Rifai mengatakan,
Posyandu Lansia bertujuan memeriksa kesehatan dan medeteksi dini penyakit lansia yang diselenggarakan rutin disetiap bulan.

Fasilitas kesehatan bagi warga lansia itu, merupakan salah satu upaya Pemdes untuk meningkatkan kesehatan masyarakat lansia Desa Mojosari.

“Pemeriksaan kesehatan secara rutin merupakan sebuah kemewahan karena semua sadar pentingnya kesehatan pada tubuh apalagi faktor usia sangat mempengaruhi kesehatan,” kata Agus.

Fasilitas kesehatan dalam posyandu lansia, lanjut Agus, adalah akses kesehatan dasar misalnya timbang badan, pengukuran tinggi badan, cek tensi darah, pengecekan gula darah dan asam urat serta pemberian makanan tambahan.

Menurut Agus, keberhasilan kegiatan ditentukan dari seberapa besar kemanfaat yang dirasakan oleh masyarakat, dan seberapa besar manfaat yang di rasakan itu terukur dari jumlah peserta yang mendapatkan kemanfaatan.

Selain itu, kegiatan Posyandu Lansia dilaksanakan untuk membantu para lansia Desa Mojosari khususnya bagi yang kurang mampu.

“Dengan hadirnya Posyandu Lansia ini diharapkan seluruh lansia bisa menikmati layanan kesehatan secara gratis. Dalam Setiap pertemuan posyandu diikuti sekitar 60 lansia,” ungkapnya.

Agus berharap, posyandu lansia bisa berjalan secara kontinyu agar para lansia bisa menikmati layanan kesehatan secara gratis sehingga kesehatannya bisa terkontrol secara rutin dan sehat selalu.(dwi)