Peduli Kesehatan Balita dan Cegah Stunting, Pemdes Pakisrejo Rutin Gelar Posyandu

Berita, Jawa Timur689 Dilihat

Tulungagung, Pilarsumsel.com – Guna menunjang kesehatan dan pencegahan stunting sejak dini pada anak, Pemdes Pakisrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung rutin gelar Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) setiap bulannya.

Posyandu merupakan kegiatan yang dikelola dan diselenggarakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes), guna memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar bagi ibu dan balita.

Kepala Desa Pakisrjo Barno.S.pd, mengatakan, Posyandu adalah bentuk kerjasama pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu.

“Kegiatan Posyandu balita sudah ada sejak dulu dan menjadi program tetap Pemerintah, serta dilaksanakan setiap 1 Bulan sekali. Sehingga, dapat melihat kondisi balita sejak usia dini dan meminimalisir terjadi stunting,” kata Kades dikantornya. Senin (13/3/2023).

Kades Barno berharap, dengan Posyandu ini bisa memantau tumbuh kembang balita sejak dini, dapat terhindar dari kekurangan gizi atau gizi buruk. Mendeteksi lebih awal, bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil dan ibu menyusui. Sehingga, segera dapat dilakukan penanganan.

Sementara itu, Bidan Desa Yeni Erawati mengatakan, Desa Pakisrejo mempunyai 3 titik Posyandu yang secara rutin menggelar kegiatan pelayanan kesehatan setiap bulannya.

Kegiatan rutin yang dimaksud, adalah penimbangan balita, dan pemberian makanan tambahan (PMT). Untuk lebih memaksimalkan kesehatan masyarakat, Posyandu juga melaksanakan pemberian vitamin A kepada anak-anak.

“Untuk Posyandu yang ada di Balai Desa, ada sekitar 39 balita,” kata erawsti.

Tujuan dari kegiatan Posyandu, lanjut Yeni, untuk mengetahui kondisi balita atau tumbuh kembang balita, serta menjalankan program pemerintah tentang pencegahan stunting. Dan kegiatan Posyandu, dilakukan dibawah pengawasan Bidan Desa dari Puskesmas Desa Pakisrejo.

Sebagai Bidan Desa, dirinya berharap kegiatan Posyandu bisa meningkatkan kesehatan masyarakat dan menambah pengetahuan masyarakat dalam menjalankan kehidupan keluarga yang sehat, sehingga tercipta SDM yang unggul di Desa Pakisrejo. (Dwi)