Pemdes Air Apo Buka Akses Jalan Usaha Tani

Bengkulu, Berita657 Dilihat

 

Rejang Lebong-pilarsumsel.com, Pemerintah Desa (Pemdes) Air Apo Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu di Tahun 2022 ini membuka akses jalan usaha tani .

Pembukaan akses jalan usaha tani untuk masyarakat ini guna mempelancar warga untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan .

Selain dari pada itu ,di bukanya Askes jalan usaha tani ini guna memperkecil biaya angkut dan mempermudah masyarakat membawa hasil pertanian dan perkebunan .

Perlu di ketahui bahwa Desa Air Apo Kecamatan Binduriang ini terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunanya yakni penghasil buah Durian terbanyak di Kecamatan Binduriang .

Selain itu dengan tingkat tanah yang subur masyarakat Desa Air Apo yang mayoritas petani kopi yang mana dalam satu kali musim kopi di desa tersebut bisa mengahasilkan kopi mencapai ratusan ton biji kopi kering .

Di tambah lagi di Desa Air Apo masyarakatnya juga banyak memiliki kebun karet yang masih produktif yang mana dalam satu hari di Desa Air Apo boss menghasilkan karet hingga 6 ton sehari ,belum lagi di tambah dengan hasil pertnian berupa cabe kereriting ,cabe rawit hingga tanaman sayur mayur lainnya yang mana semua hasil pertanian dan perkebunan itu semuanya berada Jalaur jalan yang di buka itu .

Kepala Desa Air Apo Sugianto mengatakan bahwa dibukanya akses jalan baru usaha tani ini ,supaya bisa memperkecil biaya angkut ,sebab selama ini biaya angkut bisa di katakan mahal karena tidak adanya akses jalan melainkn akses jalan setapak sehingga para pengguna motor ,jenis ojek susah mengangkut hasil pertanian dan perkebunan .

Banyangkan saja ,untuk satu karung kopi saja biayanya mencapai 30 hingga 40 ribu rupiah dengan jarak tempuh hanya 3km saja ,”ungkap Sugianto .

“Nah dengan di bukanya jalan baru ini ,masyakarat tidak susah payah lagi membawa atau mengankut hasil pertanian dan perkebunanya ,karena jalan yang di buka ini lebarnya mencapai 5 meter bersih atau dengan kotor 6 meter dengan panjang tahap pertama ini 3 Km ,”kata Kepala Desa Air Apo .

“Ya rencana kita ini semua akses pertanian dan perkebunan di desa ini akan kita buka akses jalan usaha tani semua ,namun karena keterbatasan anggaran karena di potong Covid ini jadi kita bangun secara bertahap ,”jelasnya .

Dikatakanya setelah selesai buka jalan baru ini ,rencananya kita juga akan membangun dua jembatan Beton yakni jembatan Sungai Kelingi dan Jembatan Sungai Air Apo yang mana di tahun ini kita seseaikan dulu tapak pondasi ke dua jembatan itu .

“Ya rencananya di tahun depan baru kita bangun ke dua jembatan beton itu supaya bisa di lintasi kendaraan roda empat ,”ujarnya .

Kepala Desa Air Apo juga menjelaskan untuk akses jalan usaha tani yang di buka ini hampir 90 persen masyarakat desa yang berkebun atau bertani melintasi jalan ini ,sebab saat musim buah durian jalan ini saja seperti jalan orang ke kalangan karena ramainya masyarakat yang mengangkut buah durian belum lagi saat musim kopi tiba sama ramainya .

Semoga akses jalan yang kita buka ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Air Apo khususnya serta desa tetangga yang juga melintasi jalan ini ,semoga lancar mengangkut hasil pertanianya dan perkebunan,”harapnya .

Lebih lanjut ,Kepala Desa Air Apo juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat desa yang sudah mendukung pembangunan pembukaan akses jalan usaha tani ini .(Grng)