Pemkab OKUT Siap Laksanakan Suntik Vaksin Perdana

Sumsel472 Dilihat

Pilarsumsel Online, 

OKU TIMUR– Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Kesehatan OKU Timur siap melaksanaan suntik vaksin sinovac perdana. Untuk tahap pertama ini penyuntikan vaksin akan dilakukan terhadap 10 orang forkompimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Suntik vaksin akan berlangsung di RSUD OKU Timur, Belitang.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zainal Abidin SSIT MM mengatakan, saat ini Pemkab OKU Timur telah menerima vaksin sinovac sebanyak 8.680 vial dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel.

Dosis vaksin Covid-19 Sinovac ini tiba di Kabupaten OKU Timur Jum’at, (29/01) lalu dikawal ketat aparat kepolisian dan TNI. “Vaksin ini untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Bumi Sebiduk Sehaluan. Semoga proses penyuntikan vaksin ini berjalan lancar,” jelas Zainal.

Dikatakan, selain 10 orang forkompimda, pada tahap awal ini penyuntikan vaksin akan dilakukan terhadap 370 tenaga kesehatan (nakes) RSUD OKU Timur Gumawang.

Bahkan kata dia, Sabtu kemarin 8.680 vial vaksin ini telah didistribusikan ke 22 Puskesmas dan tiga rumah sakit, yakni RSUD Martapura, RS Islam Taqwa Belitang dan RS Charitas.

Kemudian sambungnya, untuk penyuntikan menjadi prioritas atau sasaran yang akan di vaksin merupakan tenaga kesehatan (Nakes) sebanyak 4340 nakes yang ada di Kabupaten OKU Timur.

“Penyuntikan Nakes tahap pertama sebanyak 4340 orang, tahap kedua untuk petugas publik seperti TNI dan Polri. Penyuntikan tahap pertama dan kedua ini targetnya dapat selesai Januari sampai April. Sedangkan tahap ketiga untuk masyarakat yang rentan usia 18 sampai 59 tahun dan tahap keempat masyarakat lainnya,” pungkasnya. (inz).