Pendaftaran USMB Unsri 2023 Dibuka, Catat Tanggal Pendaftarannya

Berita, Sumsel512 Dilihat

Palembang – Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Universitas Sriwijaya (Unsri) 2023 dibuka mulai besok, Selasa (16/5/2023) dan akan berakhir 24 Juni mendatang.

Ketua Panitia Pusat SNPMB jalur SNBT Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof Zainuddin Nawawi mengatakan mulai besok pukul 00.00 wib sudah bisa mendaftarkan USMB.

“Peserta diharapkan bisa memulai mendaftar, bisa memilih prodi apa yang diinginkan dan universitas mana yang mereka pilih dan semoga ini bisa berjalan sesuai dengan waktunya. Pendaftaran ini berlangsung sampai 24 Juni nanti. Itu untuk peserta dari SMA ke S1” ujarnya.

Sedangkan untuk peserta USMB dari SMA ke D3 dan peserta Dari D3 ke S1 mulai daftar dari tanggal 16 Mei-8 Juli mendatang.

“Untuk pelaksanaan tes USMB peserta SMA ke S1 dilaksanakan 4 hari yaitu tanggal 27-30 Juni. Sedangkan untuk peserta SMA ke D3 dan D3 ke S1 dilaksanakan pada tanggal 11 Juli nanti,” bebernya.

Kemudian, pengumuman tes peserta SMA ke S1 pada tanggal 6 Juli dan untuk peserta SMA ke D3 & D3 ke S1 diumumkan pada tanggal 14 Juli 2023.

“Terkait untuk lokasi ujian sama seperti ujian UTBK lainnya, menurut prediksi berdasarkan pendaftar tahun sebelumnya maka panitia menyiapkan 10.090 peserta persesi dengan jumlah 43 ruangan dan dalam satu hari itu dibagi menjadi dua sesi yaitu pagi dan siang,” jelasnya.

“Untuk lokasinya dikampus Unsri Bukit Besar yakni fakultas kedokteran (Bukit), FKIP Ogan, Graha Sriwijaya, Gedung KPA Unsri Bukit Besar. Juga ada di lokasi mitra yakni universitas MDP jalan Jenderal Sudirman, Universitas IGM gedung c, SMA negeri 1 Palembang, dan SMK negeri 2 Palembang,” tambahnya.

Kemudian, mengenai materi ujian terdiri dari tes skolastik yakni kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, Pengetahuan Kuantitas.

“Lalu tes literasi yakni literasi dalam bahasa Indonesia, literasi dalam bahasa Inggris, dan penalaran matematika. Semuanya itu berlangsung selama 1 sesi dari masing-masing peserta. Sebaiknya bagi peserta yang mengikuti ujian diharapkan satu hari sebelum ujian sudah datang ke lokasi untuk mengetahui dimana lokasi ujiannya,” tuturnya.

Ia menghimbau kepada para peserta yang mengikuti tes agar tidak terlambat paling tidak 30 menit sebelum tes sudah berada di tempat.

“Bagi peserta jangan sampai terlambat, sebaiknya satu hari sebelum ujian sudah ada di Palembang bagi peserta yang berasal dari luar Palembang agar tidak terlambat karena bagi yang terlambat tidak ada toleransi,” tutupnya.

Berikut perguruan tinggi peserta USMB tahun 2023 yaitu :
1.) Universitas Bina Darma
2.) Universitas Indo Global Mandiri (IGM)
3.) Universitas Katolik Musi Charitas
4.) Universitas MDP
5.) Universita Muhammadiyah Palembang
6.) Universitas Musirawas
7.) Universitas PGRI Palembang
8.) Universitas Tridinanti Palembang
9.) Universitas Sumatera Selatan
10.) Universitas Taman Siswa
11.) Stisipol Candradimuka
12.) STIE/Akubank Mulia Darma Palembang
13.) Universitas Serasan

Adapun link pendaftaran USMB Universitas Sriwijaya dapat diakses calon mahasiswa melalui https://usmb.unsri.ac.id/

(Fin)