Peringati Tahun Baru Islam, Wakapolres Pali Santuni Anak-anak Yatim Piatu

Pali101 Dilihat

PALI _ Pada hari Kamis, 11 Juli 2024, sekira pukul 08.00 WIB, suasana khidmat menyelimuti Masjid Jami Assa’Idiyah Polres Pali. Di tempat ini, Polres Pali menggelar kegiatan memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah.

Acara ini menjadi bukti nyata upaya Polres Pali dalam mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kesadaran keagamaan di kalangan anggotanya dan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakapolres Pali, KOMPOL Dedi Rahmad Hidayat, S.H, bersama dengan jajaran PJU Polres Pali, perwira dan personel Polres Pali, serta personel Polsek Talang Ubi.

Tak ketinggalan, kehadiran pengurus Ponpes Mambaul Hadi Desa Sungai Baung Kabupaten Pali, Maryadi, Wakil I Ormas GP. Ansor Kabupaten Pali, Ustadz Rahmad Rifaldi, S.Pd.I, para santri Ponpes Mambaul Hadi, anak-anak yatim, ibu-ibu Pengajian Majlis Taklim, tokoh agama, dan tokoh masyarakat menambah semaraknya acara.

Penceramah dalam kegiatan ini, Ustadz Rohmat Rifaldi, S.Pd.I, menyampaikan ceramah yang sarat akan makna dan hikmah. Ia menegaskan bahwa peringatan Tahun Baru Islam 1446 H merupakan momentum penting untuk introspeksi diri.

“Ini adalah saat yang tepat untuk memperbaiki niat, kemauan, dan tekad kita agar di tahun yang baru ini kita bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik,” ujarnya. Ustadz Rohmat mengingatkan bahwa setiap individu sebagai umat Muhammad SAW harus berusaha menuju kebaikan yang diridhoi Allah SWT.

Tahun Baru Islam, yang dikenal dengan sebutan 1 Muharram, merupakan awal dari kalender Hijriah. Kalender ini dimulai dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Peristiwa ini menandai tonggak penting dalam sejarah Islam, sebagai awal perkembangan umat Muslim dan penyebaran ajaran Islam ke berbagai penjuru dunia.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan agama, tetapi juga untuk memperkuat tali silaturahmi antar umat Muslim.

Dengan tema “DENGAN SEMANGAT TAHUN BARU ISLAM 1446 H KITA TINGKATKAN IMAN TAKWA DAN KINERJA GUNA MEWUJUDKAN POLRI PRESISI UNTUK INDONESIA EMAS 2045”, acara ini diharapkan dapat mendorong semangat baru dalam meningkatkan iman, takwa, dan kinerja, demi terwujudnya Polri yang presisi dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045.

Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus memperbaiki diri dan mempererat kebersamaan, menuju kehidupan yang lebih baik dan diridhoi Allah SWT. (*)