Perkuat Hubungan dan Sinergi Kerajasama Antar UGM dan Alumni, Kagama Sumsel Adakan FGD

Berita61 Dilihat

 

Palembang, pilarsumsel.com – Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) provinsi Sumatera Selatan menggelar focus grup discussion (FGD) di Hotel Excelton Palembang, Sabtu (22/1/2022).

FGD ini dilaksanakan bertujuan untuk memperkuat hubungan dan sinergi kerjasama antar UGM dan alumni yang berada di Sumsel.

Rektor Universitas Gajah Mada Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng, mengatakan pertemuan ini untuk meningkatkan sinergi antara UGM dan para alumninya yang tergabung dalam Kagama pengurus Sumsel.

“UGM untuk pengembangannya tentu perlu masukan dari para alumninya yang berkiprah diberbagai institusi dari berbagai bidang. Tentu masukan dari para alumni ini sebagai bahan untuk peraikan UGM kedepannya agar kualitas UGM menjadi lebih baik dan bisa lebih berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa,” ujarnya.

Lanjut, ia mengatakan kami juga ingin menigkatkan reputasi UGM di kancah internasional yang oleh masyarakat dunia diukur dalam bentuk berbagai perankingan. Untuk peningkatan ranking ini perlu kerjasama dengan para alumni, karena komponen penilaian dalam ranking salah satunya itu adalah dengan survei.

“Nanti alumni disurvei itu juga memberikan penilaian kepada UGM. Kami minta untuk para alumni untuk merespon dengan baik jika ada lembaga-lembaga perangkingan yang bertanya kepada alumni. Saat ini ranking untuk UGM berdasarkan QS World University Rankings (WUR) tahun 2022 berada di peringkat 254. Pemerintah mendorong UGM untuk bisa baik lagi rangkingnya kalau bisa dikepala satu. Kami tetap berusaha untuk mencapainya,” tukasnya.

Sementara itu, Alumni dari UGM yang juga akan dilantik menjadi Ketua Kagama Sumsel H. Joncik Muhammad mengatakan, kegiatan ini harus dilakukan secara berkala Kagama Sumsel salah satu fungsinya agar komunikasi antara alumni dan UGM terjaga dengan baik.

“Salah satu pengukuran rangking melalui survei agar para alumni UGM merespon yang diminta oleh lembaga survei,” ujar Bupati Empat Lawang ini.

Kemudian, setelah komunikasinya baik tentu bisa saling isi mengisi para alumni bisa memberikan masukan terhadap perkembangan UGM. Lalu UGM itu bisa memonitor sampa sejauh mana kiprah para alumninya ditengah-tengah masyarakat.

“Yang terpenting misi kampus harus betul-betul ditunjukkan ditengah masyarakat untuk kepentingan bangsa dan negara. Semoga pertemuan seperti ini harus rutin dilakukan secara terus menerus. Insya Allah besok saya akan dilantik menjadi ketua Kagama Sumsel akan lebih meningkatkan kegiatan seperti ini antara Kagama dan UGM,” pungkasnya. (vin)