Pilkada 2024, Dandim Muba Tegaskan Netralitas TNI Harga Mati

Muba253 Dilihat

MUBA-Kendati suasana Pemilihan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup dan Cawabup) Musi Banyuasin(Muba) 2024-2029 masih kondusif. Namun demikian, Kodim Muba 0401 sudah jauh-jauh hari mempersiapkan personel pengamanan untuk membantu Pemkab Muba dan Polres Muba guna menciptakan kondisi kamtibmas tetap kondusif.
“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Forkopinda Kodim 0401/ Muba , Polres dan Pemkab Muba dalam pengamanan Pilkada 2024,” tegas Dandim 0401/Muba┬áLetkol Inf Erry Dwianto, S, SPI M HAN didampingi Kasdim Mayor Agus Setiono saat dibincangi wartawan ini, Senin (6/5/2029).
Lanjut pria asal Magelang ini, pihaknya dalam mengamankan Pilkada Muba 2024 sudah menyiapkan 262 personel di empat koramil yang sudah stanbay. Jumlah sebanyak ini, kata Dandim, sudah cukup untuk membantu pengamanan, apalagi Kabupaten Muba dalam kondisi kondusif. “Ya, cukup personel siaga, bilamana diperbantukan, kapan saja siap,” tandas perwira TNI yang pernah bertugas di Papua.
Disinggung soal netralitas anggota TNI, Dandim menegaskan, netralitas TNI harga mati. Jika masyarakat melihat atau menemukan anggotanya terlibat politik praktis, segera laporkan ke provos untuk diselidiki kebenarannya. “Jika terbukti bersalah, jelas dikenakan sanksi tegas,” ujar pria yang baru 9 bulan menjabat Dandim Muba.
Dia juga mengingatkan anggota TNI yang memiliki hubungan keluarga dari kandidat, tetap netral, apapun alasannya. “Jangan ikut terlibat dalam politik, ingat TNI wajib netral karena netralitas harga mati,” pungkasnya. (**)