Pj Bupati Banyuasin Resmi Membuka Rakerda MUI Serta Pengukuhan MUI Se Kecamatan Banyuasin III

Banyuasin, Berita191 Dilihat

Banyuasin – Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH secara resmi membuka Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyuasin sekaligus Pengukuhan Pengurus MUI tingkat Desa Se-Kecamatan Banyuasin lll yang bertempat di Gedung Diklat Banyuasin, Rabu 29 November 2023.

Dengan mengusung tema “Melalui Rapat Kerja Daerah Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Banyuasin Kita Memantapkan Koordinasi dan Implementasi Program Kerja Demi Kemajuan Umat dan Mendukung Kesuksesan Pileg, Pilpres, dan Pilkada 2024 yang Aman, Jujur, dan Adil” masa periode 2023-2028. Pengukuhan pengurus MUI 26 Kelurahan dan Desa.

Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam mengucapkan selamat kepada Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Banyuasin atas terselenggaranya rapat kerja daerah yang diikuti oleh seluruh pengurus MUI tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Banyuasin. Pengukuhan pengurus MUI tingkat desa Se-Kecamatan Banyuasin lll ini merupakan suatu kebanggaan bagi MUI Kabupaten Banyuasin yang telah berupaya maksimal membentuk kepengurusan MUI dari tingkat Kecamatan dan Desa.

“Saat ini kita tengah menghadapi tahun politik, keinginan dan harapan akan tumpah ruah dalam suasana yang tidak menentu. Maka MUI diharapkan bisa menjadi penyejuk, penawar, dan pemersatu dan ikut dalam mensukseskan Pileg, Pilkada dan Pilpres 2024 ini dengan aman, jujur dan adil,” harapnya.

H. Hani S Rustam menegaskan sebagai organisasi keumatan MUI Kabupaten Banyuasin terus berperan dalam mendampingi umat dalam segala urusan keagamaan dan yang tidak kalah penting bahwa MUI merupakan patner Pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam berbagai kegiatan keagamaan. Oleh karena itu maka Pemerintah Kabupaten Banyuasin mendukung penuh program-program kerja MUI Kabupaten Banyuasin.

“Adanya Rakerda ini agar merajut peran MUI Kabupaten Banyuasin agar program Pemerintah Kabupaten Banyuasin dengan program kegiatan MUI Banyuasin dapat berjalan dengan bersamaan, berkelanjutan dan profesional. Kami sangat mengharapkan dengan Rakerda ini dapat melahirkan program-program kegiatan yang baik, mulia, membina, mengayomi dan bersinergi,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Ketua MUI Banyuasin Ustad Syamsu Rihal, S.Pd.,M.Pd menjelaskan MUI sdh terbentuk di 21 kecamatan dan siap bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin baik tingkat Kecamatan maupun tingkat Desa dan Kelurahan.

“MUI memiliki tujuan untuk memperkuat agama dan partisipasi ulama dalam pembangunan nasional, mempertahankan keharmonisan antar umat beragama di Indonesia khususnya di Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Provinsi Sumsel Prof. Dr. KH. Aflatun Mukhtar, MA mengucapkan selamat kepada pengurus MUI yang telah dikukuhkan dimana pelantikan ini terbesar yang ada di Sumsel, bertujuan untuk memperdalam langkah-langkah strategi dalam menyusun untuk tahun kedepannya lebih maju. Majelis ulama Indonesia adalah kumpulan ulama yang melayani masyarakat dan memelihara masyarakat.

“MUI harus bangkit sebagai garda terdepan para ulama dan harus aktif dalam membangun desa.Bangga dengan prestasi MUI Banyuasin oleh karena itu pengurus MUI harus memiliki Assyiyasah (Politik), Al qiyadah (Kekuatan), Al ittishodiyah (ekonomi), Al ilmiyah (ilmu yg luas),” ungkapnya.

Turut hadir Direktur LPPOM MUI Provinsi Sumsel Sugito, ST.,M.SI, Ketua DPRD Provinsi Sumsel Dr. Hj. RA. Anita Noeringhati, SH.,MH, Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, SH.,M.SI, Dandim 0430 diwakili Pasandi Intel, Kapolres Banyuasin diwakili oleh Kanit Intel, Sekretaris Daerah, Para Kepala OPD, Ketua MUI Banyuasin, Kakan Kemenag Banyuasin, Ketua Baznas, Ketua FKUB Banyuasin, Camat Banyuasin lll, Pimpinan Ponpes Qodratullah, Para Ketua MUI Se-Kabupaten Banyuasin, Para Pengurus MUI Tingkat Desa Se-Kecamatan Banyuasin lll. (SMSI Banyuasin)