Polres Banyuasin Gelar Apel Tekankan Kesiapsiagaan Karhutlah dan Bencana Alam Tahun 2021

Utama538 Dilihat

BANYUASIN,PS- Jajaran Polres,Banyuasin TNI Kodim 0430 Banyuasin bersama Pemerintah kabupaten Banyuasin menggelar apel kesiapan guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)serta Bencana Alam. Apel kesiapan tersebut dilaksanakan di Pelataran Kantor Mapolres Banyuasin , kamis (25/2). Dipimpin Kemendan Apel Kapolres AKBP Imam Tarmudi,,SIK MH, di hadiri Waka Kompol Yenny Diarrty ,S.IK, diwakil Bupati H Selamet, Dandim 0430, diwakili pasi Intel Kapten inf Sariyo, kepala BPBD, kepala Dinsos, Drs Alamsyah Rianda MH, Dinkes, kasat Pol PP, dan Manggala Agni serta Perusahaan.

Apel kesiapan yang dilakukan hari itu guna mengecek kesiapan personil dan jajaran terkait dalam menghadapi karhutla dan Bencana Alam yang terjadi di wilayah Banyuasin . Selain mengecek kesiapan personil, juga dilihat kesiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan menghadapi karhutla.dan Bencana Alam.

Kapolres Banyuasin, AKBP Imam Tarmudi, S.Ik, MH yang memimpin apel kesiapan hari itu mengatakan bahwa seluruh pihak terkait dapat mengetahui apa yang sudah menjadi tugas dan fungsinya masing-masing.

Saat bencana datang, sudah memiliki perannya masing-masing, kita juga lebih siap karena apa yang dibutuhkan sudah ada,” katanya.

Ia juga berharap dengan diselenggarakannya apel kesiapan hari itu maka seluruh personil akan lebih sigap lagi.

Untuk diketahui berdasarkan pantauan satelit Lapan tahun 2019, sebanyak 2610 titik Hotspot, tahun 2020, menurun 214 titik Hstspot, dan kasus pembakaran lahan 2019, ada 7 kasus tindak pidana, dan tahun 2020 juga ada 7 tindak pidana pembakaran lahan, penurunan ini dengan upaya edukadi. Sosialisasi. Penyuluhan dan perberdayaan Babinkamtibmas. Babinsa dan pemerintah desa dan masyarakat.

” Siapapun yang melakukan pembakaran hutan dan lahan (karhutla) Baik dikonsensi milik perusahaan maupun di masyarakat akan di tindak tegas sesuai Pidato Bapak Presiden RI, Joko Widodo saat memberikan arahan dalam Rakor Karhutla Nasional melaui Virtual di ikuti seluruh Gubenur, Bupati dan Forkompinda,” Tegas Kapolres.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPPD). kabupaten, Ir Alfian MM Banyuasin saat dibincangi melalui kasi kesiapsiagaan , Ricky Hardiansyah, SE terkait bencana alam yang terjadi di Banyuasin 2019, yakni bencana alam dan sebanyak 184 kejadian Bencana
Tabun 2020, becana alam 109 kejadian, baik bencana kebakaran banjir dan Angin Bunting Beliung.

Harapan agar masyarakat siaga dalam memghadapi bencana, baik bencana karhutla , banjir, dan bencana lainnya.

” juga himbauan bagi masyarakat yang terdampak bencana agar menghubungi, pemerintah tetdekat ataupun BPBD Banyuasin,” Pungkasnya(Eggy)