PT Pertamina EP Prabumulih Field Gelar Seminar Internasional bersama Permira dan Akademisi Politeknik Negeri Sriwijaya

Sumsel583 Dilihat

Prabumulih, 11 Juni 2024 – Pertamina EP (PEP) Prabumulih Field bekerja sama dengan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) yang merupakan salah satu organisasi kepemudaan di negara Rusia, menggelar Seminar Internasional dengan mengangkat tema “Pusat Daur Ulang Sampah Mandiri dan Berkelanjutan” secara daring, yang diikuti oleh 200 orang peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa negara asia lainnya, seperti Pakistan, Thailand dan Rusia, pada Selasa, 11 Juni 2024.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah perusahaan untuk mempublikasikan program kerja tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Perusahaan dikancah Internasional, melalui seminar internasional ini diharapkan mampu mengedukasi seluruh elemen masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan ikut berpartisipasi dalam pengolahan sampah organik maupun non organik di lingkungan sekitarnya.

Program TJSL PEP Prabumulih Field terus berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat yang berada di wilayah kerja perusahaan, melalui Program TJSL diharapkan dapat terus memberikan semangat dan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Pada kesempatan ini materi yang disampaikan adalah membahas cara pengolahan sampah di Indonesia, khususnya di sekitar wilayah kerja PEP Prabumulih Field dan pengolahan sampah di Rusia. Penyampaian materi Program TJSL PEP Prabumulih Field di wakili oleh Community Development Officer PEP Prabumulih Field, Hengky Rosadi sebagai Narasumber Perusahaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang pengolahan sampah di Rusia oleh Abdul Aziz selaku Ketua Umum PERMIRA dan materi terahir di sampaikan oleh Martha Aznury, Dosen Teknik Kimia Industri Politeknik Negeri Sriwijaya dengan Tema Teknologi Pengelolaan Sampah terintegrasi menuju Zero Waste.

Senior Manager Prabumulih Field, Muhammad Luthfi Ferdiansyah, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini, agenda yang sangat penting ini merupakan salah satu komitmen dari program kerja PEP Prabumulih Field yang rutin dilakukan setiap tahunnya. “Kami akan terus bersinergi dengan para pemangku kepentingan untuk menciptakan program – program sosial yang bermanfaat, berkelanjutan dan tepat sasaran. sehingga perusahaan dapat terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar,” ujar Luthfi.

Tidak hanya itu saja para akademisi Politeknik Negeri Sriwijaya juga sangat mendukung penuh program TJSL dari PEP Prabumulih Field dibuktikan dengan kerja sama dalam pelaksanaan program TJSL sejak tahun 2022 silam, dengan adanya program ini dapat memberikan kemudahan bagi para peserta untuk memperoleh informasi – informasi positif tentang program TJSL yang inovatif dan inspiratif sehingga dapat memotivasi masyarakat umum.

“Saya mewakili Permira sangat mengapresiasi kepada PEP Prabumulih Field yang telah berperan aktif memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar melalui Program TJSL yang bernama PADU PADAN (Pusat Daur Ulang Sampah Mandiri dan Berkelanjutan), program tersebut telah memberikan dampak positif pada lingkungan, kesehatan dan ekonomi bagi penerima manfaat langsung maupun tidak langsung,” ucap Abdul Aziz selaku Perwakilan dari Permira. (*)