Reses di Desa Gasing, Muhammad Nasir Dibanjiri Aspirasi Masyarakat

Banyuasin, Berita625 Dilihat

Banyuasin – Muhammad Nasir, S.Si Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin mengelar Reses Ke-1 Masa Persidangan II Tahun 2023 Daerah Pemilihan (Dapil) VI meliputi Kecamatan Talang Kelapa dan Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Kali ini, Sabtu 25 Februari 2023 Muhammad Nasir didampingi Kepala Bagian Persidangan Setwan DPRD Banyuasin, Muttabah dan staf terdiri dari Dwi, Eva dan Endang menggelar Reses di Desa Gasing Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin.

Reses dilaksanakan dikantor Desa Gasing tersebut dihadiri Kepala Desa Gasing, Hj Nurbaiti Apriani, Sekretaris Desa Aan Krisno SSos, Ketua BPD Saiwana SIP, Kepala Dusun, Ketua RT, Ketua Karang Taruna, Tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda Desa Gasing dan Ibu-ibu PKK terlihat sangat antusias mengikuti Reses tersebut.

Kepala Desa (Kades) Gasing, Hj Nurbaiti Apriani dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Desa Gasing dan inilah keadaan dan suasana Desa Gasing yang sangat kami cintai ini. Sebenarnya Desa Gasing ini banyak sekali kekurangannya, padahal kalau kita lihat dari potensi Desa Gasing yang dikelilingi sekitar 30 perusahaan mustahil keadaannya seperti ini, namun itu adalah faktanya, ujar Kades perempuan tersebut.

Memang dari sekian banyak perusahaan di desa kami ini ada yang perduli dan banyak yang tidak perduli dengan desa kami ini. Jadi kami memohon pada pak Nasir selaku anggota DPRD Banyuasin agar perusahaan-perusahaan diwilayah kami diarahkan agar Corporate Social Responsibility atau CSR nya diarahkan kepada kami masyarakat Desa Gasing ini.

“Kami sering mendatangi perusahaan tersebut agar mendapatkan bantuan CSR namun berbagai macam alasan pihak perusahaan tersebut menolak untuk memberikan bantuan, padahal berdasarkan ketentuan atau aturan pemerintah Desa Gasing ini prioritas,”tegasnya.

Selanjutnya, Ketua BPD Desa Gasing, Saiwana SIP mempertanyakan apa benar bapak Muhammad Nasir kini sebagai Anggota DPRD Banyuasin dan akan mencalonkan diri menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), apabila benar maka kami akan mendo’akan dan mendukung bapak agar terpilih menjadi salah satu Anggota DPRD Provinsi Sumsel Dapil Kabupaten Banyuasin ini.

Saya pribadi sebagai warga Desa Gasing mengharapkan perbaikan jalan poros serta sarana air bersih, selain untuk minum juga untuk kebutuhan rumah tangga sehari hari karena air sungai kami tidak bisa dikonsumsi lagi akibat sudah tercemar limbah perusahaan sekitar, tutupnya.

Sementara itu, Huzaini selaku Kepala Dusun 2, meminta agar bapak Nasir mengusulkan kepada PLN agar tiang litrik yang pendek itu diganti dengan tiang litrik yang normal, seperti contoh dari RT 10 tiang listrik itu sangat pendek sekali kami sangat kuatir dapat membahayakan warga terutama anak-anak, tugasnya.

Selain itu, Sumiati perwakilan ibu PKK Desa Gasing mengharapkan baju seragam bagi ibu-ibu PKK, Pengajian walaupun sebenarnya baju seragam kami ada namun kami menginginkan kenang-kenangan pribadi dari pak Nasir.

Berikut Usulan Masyarakat Desa Gasing Kepada Muhammad Nasir :

Rehab Poskesdes dan Posyandu
Pemasangan Lampu Jalan dan Listrik
Pembangunan Kantor Badan Permusyarawatan Desa (BPD)
Perbaiki Balai Desa yang rusak dan Bantuan Bola Kaki
Perbaikan Lapangan Bola Volly

Sebelum menanggapi aspirasi atau usulan dari masyarakat, pertama Anggota DPRD Banyuasin yang sering viral di Media Sosial Facebook tersebut mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak dan ibu-ibu serta semua masyarakat Desa Gasing yang telah mendukung saya ketika mencalonkan diri di tahun 2019 lalu. Saya juga mengucapkan sangat berterima kasih kepada bapak Haji Eli beliau yang pertama membawa saya ke Desa Gasing ini.

Kemudian pak Arzan dan pak Haris mereka sangat berjasa pada saya termasuk juga dukungan dari bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, tanpa ada dukungan dari  seluruh masyarakat Kecamatan Tanjung Lago dan Kecamatan Talang Kelapa khususnya masyarakat Desa Gasing ini tidak mungkin saya duduk di DPRD Kabupaten Banyuasin, tegasnya.

Artinya, peran bapak-bapak dan ibu-ibu luar biasa untuk saja dan saya mengucapkan ribuan terima kasih. Dari kegiatan kegiatan saya sebagai anggota dewan  maka sangat perlu saya menyampaikan apa saja yang telah saya kerjakan. Untuk bapak-bapak dan ibu-ibu ketahui bahwa kami ada Pokir atau dana aspirasi. Dana Aspirasi anggota dewan biasa seperti saya besar dana aspirasinya hanya 1,5 Miliar tiap tahunnya.

Dana Rp. 1,5 Miliar ini dibagi 15 desa di Kecamatan Tanjung Lago dan 19 Desa/ Kelurahan di Kecamatan Talang Kelapa itu yang harus dibagi di Dapil VI meliputi Kelurahan Sukajadi saya bikin jalan dan bangunan lapangan sebanyak 5 titik, di Kenten saya bangun jalan dalam komplek, lalu di Desa Gasing sendiri ada dua yang telah saya bangun yakni rehab Puskesmas Rp.200 juta selanjutnya membangun jalan di RT 11 Rp 150 juta, “mengapa saya harus bangun Desa Gasing karena suara saya sewaktu pemilihan dulu banyak disini,” jelas Pengurus PP PBSI Bidang Komunitas tersebut.

Selain itu, saya membangun kanal Rp.250 juta di Desa Muara Sugih, Desa Sri Menanti kita membangun WC Rp.100 juta dan jalan dalam desa Rp.150 juta, Desa Sebalik saya menggelontorkan dana aspirasi saya keseluruhannya Rp.450 juta, Desa Tanjung Lago kami bangun pengerasan dalam desa Rp.200 juta dan Desa Kuala Puntian ada 2 kali dana aspirasi saya ke desa tersebut untuk pembangunan jalan Rp.350 juta.

Menurut Wakil Ketua Media dan Penggalangan Opini (MPO) Partai Golkar Sumsel tersebut, Reses merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat. Reses merupakan kewajiban bagi anggota DPRD dalam menjaring informasi untuk kemudian disalurkan.”Aspirasi yang berhasil dihimpun melalui reses ini, tentusaja apa yang menjadi kebutuhan masyarakat akan selalu saya perjuangkan sesuai fungsi saya sebagai wakil rakyat, saya akan terus berjuang demi kesejahteraan masyarakat Banyuasin pada umumnya,”tegas Pria yang akrab disapa Kak Nasir tersebut.

Terakhir saya mengucapkan terima kasih kepada ibu Kades, Sekdes, Ketua dan pengurus DPD, Kepala Dusun, Ketua RT, Ibu-ibu PKK, Karang Taruna, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh yang hadir pada Reses ini, telah menerima saya dan rombongan, saya berharap hubungan silaturahmi ini terus terjaga, tutupnya. (ag)