Satpol PP Diminta Lebih Humanis dan Profesional

Jawa Timur448 Dilihat

 

pilarsumsel.com Trenggalek, Jawa Timur – Penjabat Sekda Trenggalek, Dr. Andriyanto, SH., M.Kes., berpesan kepada Satuan Polisi Pamong Praja dan Kebakaran Kabupaten Trenggalek untuk lebih humanis dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara. Pesan ini disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Jatim yang diberi tugas tambahan menjadi penjabat sekda di Trenggalek itu dalam peringatan HUT ke-72 Satuan Polisi Pamong Praja, 103 Pemadam Kebakaran dan 60 Satlinmas di Gedung Bawarasa, Selasa (8/3/2022).

Ada tiga hal penting yang dipesankan olehnya, pertama personil Satpol PP diminta untuk terus senantiasa meningkatkan pengetahuan. Utamanya dengan menghafal perda yang ada di Kabupaten Trenggalek. Pasalnya peraturan daerah inilah yang menjadi dasar melaksanakan tugas dan memang tugas mereka mengawal perda.

“Dengan hafal dan tahu perda apa yang ada di Kabupaten Trenggalek maka anggota Satpol PP bisa menjelaskan bila ada masyarakat bertanya ketika ada penertiban. Dengan begitu masyarakat juga tahu bawasannya di daerah yang ditinggalinya ada peraturan terkait hal itu,” ungkap Pj. Sekda ini.

Pesan kedua selain diminta menjaga ketertiban umum dan yang lainnya, personil Satpol PP dan Pemadam Kebakaran diminta untuk senantiasa meningkatkan ketrampilan. Tidak hanya ketrampilan terkait dengan pekerjaannya saja melainkan juga denhan ketrampilan lain yang bisa mendukung terhadap pekerjaan mereka.

Terakhir sikap dan perilaku baik karena menurutnya ini tidak bisa dilakukan secara instan. “Atitude butuh proses dan harus belajar dilakukan. Ingat empati berbeda dengan simpati,” lanjut pria yang juga dosen pasca sarjana Universitas Airlangga Surabaya itu.

Kekompakan dan sinergitas antar personil juga diharapkan. Karena ini dianggap akan meringankan tugas mereka. Kepenatan seharian bekerja akan berkurang ketika saling peduli dan mendukung sesama. Apalagi dalam menjalankan tugas, anggota Satpol PP membutuhkan energi yang ekstra. Terakhir penjabat sekda itu meminta anggota Satpol PP untuk senantiasa menjaga kesehatannýa. “Embun malam itu jahat,” tegas magister kesehatan ini.

Untuk itu, sambungnya “mereka saya minta senantiasa menjaga kesehatan. Saya tidak ingin dengan usai purna tugas beliau-beliau ini dijemput penyakit,” lanjutnya.

Selainkan menyampaikan pesannya, Andrianto juga menyampaikan apresiasinya
Karena Satpol PP dan Kebakaran telah menjalankan tugas dengan baik sebagai abdi masyarakat. Kondusifitas ketertiban dan keamanan masyarakat saat ini tidak lepas dari peran Satpol PP, Satlinmas dan Pemadam Kebakaran.

Apalagi upaya pencegahan merebaknya penyebaran Corona Virus Diseased 2019 varian Omicron di tanah air, yang juga tidak lepas dari peran Satpol PP dalam menjaga masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan, melalui operasi yustisi yang humanis.(bud)