Sebanyak 33 KPM di Desa Suwaluh Terima BLT-DD Tiga Bulan Sekaligus

Berita, Jawa Timur941 Dilihat

PILARSUMSEL.COM-Pencairan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLD-DD) di Desa Suwaluh, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, sudah terealisasi. Bertempat di Balai Desa, Pemerintah Desa Suwaluh menyalurkan dana BLT-DD Kamis 9 Februari 2023. Bantuan diserahkan langsung oleh Pj. Kepala Desa Suwaluh dan dihadiri Babinsa, Bhabinkamtibmas serta perangkat desa yang kompeten dan tokoh masyarakat.

Pj. Kepala Desa Suwaluh M. Nashir mengatakan, BLT-DD yang dicairkan adalah untuk Januari , Februari dan Maret Tahun 2023, artinya setiap KPM menerima uang sebesar 900 ribu.

“Per KPM 300 ribu, karena 3 bulan yang diterima mereka menjadi 900 ribu,” kata M. Nashir di Kantornya, Rabu (15/3/2023).

Sebagai Pj. Kades, M. Nashir menjelaskan, Untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) daripada BLT-DD ini adalah pada warga lanjut usia, warga disabilitas dan warga yang memiliki penyakit kronis dengan jumlah 33 KPM. Realisasi BLT-DD juga merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah terhadap masyarakat terutama warga khususnya untuk keluarga miskin yang termasuk dalam katagori miskin ekstrem.

Bagi warga atau masyarakatnya yang hari itu tidak bisa mengambil dikarenakan sakit, maka uangnya diantarkan oleh perangkat desa, Nashir juga menghimbau agar masyarakat tidak bergantung adanya BLT-DD, karena program itu sifatnya tidak permanen yang suatu saat pasti akan dihentikan.

“Penerima adalah KPM yang layak mendapatkan bantuan,” ungkapnya.

Lanjut M. Nashir, BLT Dana Desa ini mengacu pada aturan dampak Covid-19 bahwa alokasi yang bisa di pergunakan maksimal 25 persen dan minimal 10 persen dari total yang diterima Pemdes. Dengan pemilihan KPM, semua sudah melalui prosedur yang ada, dengan usulan dimulai dari RT/RW kemudian dibawa ke Musyawarah Desa (Musdes) dan hasil Musdes di putuskan ada 33 KPM penerima BLT-DD.

“Insyaallah yang kita Musdeskan sudah tepat sasaran,” tambahnya.

M. Nhasir berharap, dengan adanya penyaluran bantuan BLT-DD tahun ini bisa digunakan sebaik-baiknya serta dapat meringankan beban masyarakat. (dwi)