Siswa SMAN 5 Lubuklinggau Juara Lomba Membatik Hapernas

Berita, Sumsel374 Dilihat

LUBUKLINGGAU – Sebanyak 34 pelajar dan umum, antusias mengikuti kelas membatik, dari guru sekaligus seniman batik Kota Lubuklinggau, Heri Patra Jaya.  Belajar membatik dalam rangka meramaikan Pameran Property di Lippo Plaza Lubuklinggau, dilaksanakan Kamis (30/9), mulai pukul 10.30 WIB.

Setelah mengikuti materi belajar membatik para peserta mengikuti lomba membatik. Yang dimulai pukul 13.00 WIB.

Kemudian tiga juri dalam lomba motif batik tersebut, yakni seniman sekaligus pembatik Lubuklinggau  Heri Putra Jaya, guru seni Duki Abiyanto dan perwakilan Dekranasda Kota Lubuklinggau Sartono.

Dari hasil penilain juri diperoleh pemenang. Juara satu Dimas Indo Pradana (SMA Negeri 5 Lubuklinggau), Juaea dua Meta Anung (peserta umum), juara ketiga Dea Cantika (SMA Negeri 1 Lubuklinggau) dan juara harapan Neneng Putri (SMK Negeri 2 Lubuklinggau).

 

Panitia Belajar dan Lomba Membatik, Abdul Khalid mengatakan kegitan tersebut masih dalam rangkaian Hari Perumahan Nasional (Hapernas) ke XIV, yang dipusatkan di Kota Lubuklinggau, 24-30 September 2021. Dimana Pameran Property merupakan agenda utama dalam Hapernas ke XIV.

“Khusus kegiatan lomba dan belajar membatik, diselenggarakan oleh Sumatera Ekspres, Linggau Pos Grup dan Dekranasda Kota Lubuklinggau. Kegiatan belajar dan lomba membatik merupakan rangkian lomba penutup, meriahkan Pameran Property di Lippo Plaza Lubuklinggau,” jelasnya.

Tujuannya kegiatan ini, bukan sekedar memeriahkan pameran semata. Namun juga untuk terus menggaungkan dan melestarikan batik. Apa lagi di Lubuklinggau terkenal dengan batik durian. Bahkan saat ini telah mendunia. Bahkan  batik durian baru saja dipamerkan di Milan Fashion Week 2021, di Milan, Italy.

“Diharapkan setelah mengikuti materi dan lomba membatik, peserta yang kebanykan pelajar ini mampu memahmi lebih dalam soal batik. Kemudian semakin mencintai batik, sebagai kain atau pakain, seseuai dengan kearifan lokal,” tambahnya.cj17