SMAN 3 Kota Lubuklinggau Laksanakan Pesta Demokrasi

Berita, Sumbar, Utama31 Dilihat

LUBUKLINGGAU–Proses demokrasi dalam suatu pemilihan ketua atau kepala daerah tidak hanya terjadi di kabupaten atau kota, melainkan juga di dunia pendidikan pun diadakan pesta demokrasi. Hal ini terjadi di SMAN 3 Kota Lubuklinggau yang menggelar pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS, Jumat (8/10/2021).

Sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Pemilihan ini dilakukan secara bertahap, yakni Jumat dan Senin nanti. Hal itu dikarenakan agar tidak terjadi banyak kerumunan. “Ya benar, hari ini siswa kita gelar pemilihan ketua OSIS (Pilketos),”ungkap Kepala SMAN 3 Lubuklinggau Hairul Aswar.

Untuk Pilketos diikuti tiga pasangan calon yakni pasangan calon nomor urut 1,Sendy Gyta Klaudya – Wahyudi Pratama. Pasangan calon nomor urut 2, Desty Aulia- Nurul Fadilah. Dan pasangan calon nomor urut 3, Aulia Putri Syaharani-Paizal David.

“Karena dua hari pemilihan, kemungkinan penghitungan suaranya nanti hari Senin mendatang,”kata Hairul.

Pilketos dilakukan untuk mencari kepengurusan baru menggantikan pengurusan yang sudah habis masanya. Pemilihan pun layaknya seperti pemilihan umum, dimana para pelajar memberikan hak suaranya dengan melakukan pencoblosan dibilik suara.

Pemilihan berjalan dengan lancar aman dan tertib. “Pemilihan nya kita buat secara demokrasi,kita persilahkan anak anak untuk menentukan pilihan secara hati nurani mereka, saya sendiri pun tadi sudah memberikan hak suara,” pungkasnya. (BI)