SMP Negeri 1 Bandung Gelar Purnawiyata Siswa-Siswi Kelas lX Tahun Ajaran 2022/ 2023

Berita, Jawa Timur1387 Dilihat

 

 

Tulungagung, Pilarsumsel.com – Sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 1 Bandung, Tulungagung menggelar serangkaian kegiatan Purnawiyata kelas IX, tahun ajaran 2022/2023, diikuti seluruh siswa-siswi kelas IX terdiri dari 183 siswa dan 153 siswi, bertempat di lapangan basket dan halaman belakang Sekolah setempat, Sabtu (27/5/2023) mulai pukul, 09.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB.

Dalam acara dihadiri, Kepala SMPN 1 Bandung, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, Kepala Disdikpora Tulungagung, Muspika kecamatan Bandung, Ketua Komite SMPN 1 Bandung Gunawan, para Guru, staf dan seluruh Wali murid kelas IX SMPN 1 Bandung, serta seluruh tamu undangan.

Kegiatan berlangsung khidmat dengan diselimuti suasana kebahagiaan dan mengharukan karena kegiatan tersebut merupakan momentum bersejarah yang mana siswa-siswi kelas IX di tahun ajaran 2022/2023 telah menyelesaikan pendidikan SMP selama 3 tahun dan akan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.

Serangkaian kegiatan Purnawiyata di SMPN 1 Bandung dijadwalkan berlanjut pada malam harinya dengan pagelaran Wayang Kulit dengan dalang dari 3 Siswa SMPN 1 Bandung, yaitu Dani Aji Cahyo Bawono, juara 3 festival dalang cilik Nasional tahun 2023, Danang Yekti Bawono, juara 1 festival dalang cilik 2022 dan Opera Flamboyan Jingga penyaji festival terbaik dalang cilik kabupaten Tulungagung 2022.

Kepala SMPN 1 Bandung, Drs. Samsuri M.Pd., dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan mengatakan, siswa-siswi kelas IX tahun ajaran 2022/2023, selama menjalani pendidikan SMP dalam 3 tahun , dengan adanya Pandemi covid-19 selama dua tahun anak-anak harus belajar dirumah melalui Daring. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat mereka dalam belajar, terbukti banyak prestasi-prestasi yang diraih.

“Mereka telah menorehkan berbagai macam kejuaraan, selama tahun 2022 hingga 2023,” ucap Samsuri.

Menurutnya, hal ini tidak lepas dari peran orang tua dalam menyiapkan dan memberikan bimbingan terbaik peda anak-anak, terutama saat pembelajaran Daring, dan atas upaya-upaya tersebut sampai saat ini banyak membuahkan hasil.

“Hari ini anak-anak kita telah mengukir tinta emas untuk SMPN 1Bandung, tentu semua ini berkat ketulusan kita selaku orang tua untuk menyiapkan anak-anak kita,” ungkapnya.

Selanjutnya Samsuri menyebutkan, dari mulai 2022 hingga 2023 prestasi yang diraih SMPN 1 Bandung diantaranya, Juara lomba dalang cilik, SMPN 1 Bandung dinobatkan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Jawa Timur pada tahun 2021 dan kemudian saat ini ditunjuk sebagai salahsatu Sekolah Adiwiyata Nasional yang penilaiannya nanti dibulan Juli.

Selain itu, lanjut Samsuri, ekstre Pramuka menjadi juara umum dua lomba Pramuka penggalang terampil 2023 se – Eks karisidenan Kediri di SMP, SMAN 1 Trenggalek, dengan rincian meraih juara 1 lomba smartphone, juara 3 lomba pionering putra, juara 2 lomba pionering putri, juara 3 lomba orasi putri, juara 3 lomba infografis putri, juara 1 regu putri, juara 2 regu putra. “Total peserta yang mengikuti lomba dari SMPN 1 Bandung berjumlah 22 siswa,” jelasnya.

Lebih lanjut, kepada siswa-siswi kelas IX, Kepala SMPN 1 Bandung berpesan, agar sebelum melangkah menempuh jenjang pendidikan selanjutnya, agar meminta do’a restu Bapak/ibu agar mendapatkan yang terbaik.

“Proses keberhasilan kalian tentu butuh perjuangan luar biasa bagus dan melalui waktu yang panjang, namun tanpa dukungan do’a orang tua kalian mustahil akan berhasil,” tuturnya.

Sedangkan kepada orang tua/wali murid kelas IX, Kepala Sekolah juga menyampaikan, bahwa dalam mendidik anak-anak selama tiga tahun pihaknya berterima kasih atas kerjasamanya dan mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan.

“Semoga kita bisa menghantarkan anak-anak kejenjang pendidikan yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Ketua Komite, Gunawan, yang juga sebagai perwakilan seluruh wali murid, dikesempatan itu juga menyampaikan, pihaknya sangat berterimakasih karena anak-anak telah di didik selama tiga tahun, sehingga anak-anak dapat menjadi siswa-siswi yang pandai dan berprestasi juga berakhlak.

Selain itu, kami juga minta maaf bila anak-anak ada yang nakal. Mudah-mudahan siswa-siswi kelas VII dan VIII juga dapat mengukir prestasi yang lebih bagus lagi, dan semoga SMPN 1 Bandung bisa di nobatkan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

“Kami akan mendukung upaya-upaya meningkatkan pendidikan di SMP negeri 1 Bandung agar prestasi siswa-siswi semakin bagus,” ujar Gunawan.

Usai sambutan-sambutan acara berlanjut semakin meriah dengan penampilan aksi di atas panggung para siswa-siswi dalam unjuk kebolehan/ bakatnya dalam pentas seni olah vokal maupun berbagai tari-tarian hingga acara selesai. (Dwi)