SMP Negeri 1 Kedungwaru Gelar LDKS Masa Bakti 2023/ 2024, Ini Harapan Kepala Sekolah

Jawa Timur837 Dilihat

Tulungagung, Pilarsumsel.com – SMP Negeri 1 Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bertempat di kampus sekolah pada, Selasa (28/11/2023).

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan kegiatan yang didesign untuk menumbuhkan serta mengembangkan potensi kepemimpinan dan tanggung jawab pada siswa.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kedungwaru, Dr. Hj. Sri Wahyuni, M.Pd., mengatakan, LDKS ini sebuah bentuk kegiatan yang hubungannya untuk peningkatan sumberdaya peserta didik anggota OSIS biar memahami konsep-konsep dasar sebuah organisasi.

“Dalam hal ini siswa diberikan bekal kepemimpinan yang nantinya mereka di dalam organisasi akan menjadi pemimpin di antara teman-temanya,” ucapnya.

Lebih lanjut Sri Wahyuni menjelaskan, Pengurus OSIS harus mengikuti kegiatan yang sangat diperlukan dan wajib ini, karena organisasi siswa intra sekolah telah diakui di dalam kementerian pendidikan.

” Dalam kegiatan LDKS ini di ikuti sekitar 35 peserta didik dan untuk sumber dana semuanya di ambil dari dana BOS tahun 2023,” jelasnya.

Menurutnya, tujuan dari LDKS adalah bagaimana siswa itu nanti akan mengikuti berbagai hal kegiatan baru, pada pembukaan hari ini sampai selesai nanti, dan beberapa materi yang akan diikuti oleh mereka salah satunya adalah tentang kepemimpinan Ilmu Manajemen jadi OSIS.

Sebagai Kepala Sekolah, Sri Wahyuni berharap, bahwa pengurus OSIS harus menjadi contoh teman-teman yang lain, yakni seperti tanggung jawab, religius, menghargai prestasi, peduli lingkungan, kerja sama, demokratis dan berpikir kritis.

“Melalui kegiatan LDKS ini, diharapkan siswa dapat menjadi pemimpin yang tangguh, terus mengembangkan inovasi, berjiwa disiplin, mandiri, dan bertanggung jawab, supaya bisa memberikan prestasi dan bisa mewarnai SMPN 1 Kedungwaru di masa depan pada teman temanya nanti,” harapnya. ( Dwi)