Temu Warga Presisi di Muara Lakitan, Pesta Malam Dibatasi

Sumsel2060 Dilihat

MUARA LAKITAN -Silatuhrahmi dengan masyarakat terus digalakkan Polres Musi Rawas. Kali ini temu warga Presisi Kapolres Musi Rawas AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K, M.SI. yang diwakili PJU Polres Mura Iptu Marlinsa, S.H dengan warga Kelurahan Muara Lakitan Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas.
Acara itu dilaksanakan Jumat, 06 Januari 2023, sekitar pukul 10.30 WIB di Kantor Lurah Muara Lakitan Kecamatan Muara Lakitan. Hadir Camat Muara Lakitan Haidir. HT, Kapolsek Muara Lakitan Iptu Muhammad Abdul Karim, S.H, M.H dan anggota, Iptu Marlinsa, S.H, Bripka Angga Wibowo, S.H, Lurah Muara Lakitan Susianti, S.P, seluruh RT dan RW, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan Masyarakat Kelurahan Muara Lakitan.

Lurah Muara Lakitan Susianti dalam sambutannya menyampaikan secara singkat singkat biografis dan karakteristis Kelurahan Muara Lakitan Kecamatan Muara Lakitan. “Saya mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih serta rasa bangga yang sebesar-besarnya kepada bapak Kapolres Musi Rawas yang diwakili PJU Polres Musi Rawas telah dapat bersilaturahmi dan berkenalan dengan warga Kelurahan Muara lakitan. Kami harap nanti mohon kepada bapak Kapolres memberikan arahan dan pencerahan kepada masyarakat,” kata Lurah.
Dilanjutkan sambutan Kapolsek Muara Lakitan Iptu Muhammad Abdul Karim, S.H, M.H, pihaknya memperkenalkan diri jajaran Polsek Muara Lakitan dan menyampaikan tugas pokok Polri sebagai pelayan, pengayom, pelindung masyarakat dan penegakan hukum. Dia mengajak mengajak warga untuk menjalin komunikasi antar warga, sehingga setiap permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan.

“Mari kita terus jalin komunikasi dan menciptakan kondusi yang sudah kondusif ini tetap terwujub. Bilamana ada permasalahan, bisa dimusyawarahan dan diselesaikan secara kekeluargaan,” ungkapn mantan Kapolsek Rawas Ilir ini.

Kemudian, sambutan dan arahan Kapolres Mura AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K, M.SI di wakili pju Polres Mura bahwa, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tamu undangan yang telah hadir dan sudah menerima kunjungan silaturahmi Tim dari Polres Mura. Dia juga melakukan perkenalan diri dari PJU Polres Mura Iptu Marlinsa, S.H secara singkat dan menyampaikan tugas pokok Polri sebagai pelayan, pengayom, pelindung masyarakat dan penegakan hukum. “Kami mengajak semua masyarakat menjaga kekompakan, saling silatuhrahmi sehingga Kamtibmas tetap kondusif,” ajaknya.

Lanjut dia, FKPM merupakan Program Polri dengan tujuan menciptakan Kamtibmas dan penyelesaian warga dalam lingkup Kelurahan. Polres Mura juga terus mengingatkan bahaya Narkoba yang merusak masa depan anak-anak, sebab peredaran barang haram tersebut bukan hanya di kota kota besar namun masuk ke pelosok daerah. “Mari kita sama-sama Perangi narkoba Dan tidak lupa, kami menghimbau kepada masyarakat agar dalam pelaksanaan acara Pernikahan/ khitanan tidak adanya perjudian dan pesta Miras/ Narkoba,” tambanya.
Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, Susi warga RT 10 menanyakan bagaimana solusi pembatasan pesta malam ? Pihak Polres Mura langsung memberikan jawaban bahwa Pembatasan pesta malam sampai sekarang belum ada perdanya namun perda tersebut sedang dikaji dan direncanakan pesta malam hanya sampai jam 12 malam saja. “Perda pesta malam masih digodok pemerintah,” ujarnya.

Haidir. HT mempertanyakan Personil polri berpihak kepada PT tentang sengketa lahan? Dijawab :
Pihak Kepolisin tidak ada pembelaan kepada pihak manapun, pihak kepolisian hanya menjembatani dan menengahi masalah sengketa lahan dan tidak ada pembelaan terhadap pihak manapun, pihak kepolisian hanya melakukan pengamanan dan penengah dalam suatu masalah sengketa lahan dan mencegah hal-hal yang tidak di inginkan dalam permasalahan sengketa lahan, pihak kepolisian menyarankan masyarakat yang bermasalah dengan perusahaan agar melengkapi data-data dan mengajukan permasalahan tersebut ke perdata. “Kami menegaskan Polri bersikap netral dan tidak membela pihak manapun,” tandasnya.

Susianti meminta pihak kelurahan meminta agar didampingi pada saat pembubaran pesta malam ? Kappolsek Muara Lakitan menegaskan, Pihak kepolisian polsek muara lakitan siap 24 jam on call dan siap mendampingi pada saat pembubaran pesta malam.  Pukul 11.30 wib kegiatan dilanjutkan dengan Sholat Jum’at Berjamaah di Masjid Raudhatus Sa’adah di Kel. Muara Lakitan Kec. Muara Lakitna PJU Polres Mura, Kapolsek Muara Lakitan, Lurah Muara Lakitan, beserta personil Polsek Muara Lakitan serta warga masyarakat.
Setelah selesai Sholat Jum’at berjamaah, kemudian dilaksanakan selanjutnya melaksanakan makan siang bersama para PJU Polres Mura, Kapolsek Muara Lakitan dan Lurah Muara lakitan.
pukul 13.30 wib, seluruh Rangkaian kegiatan Kapolres Mura yang di wakili PJU Polres Mura di Kel Muara Lakitan Kec. Muara Lakitan Kab. Mura selesai dilaksanakan dengan situasi dalam keadaan aman, tertib dan lancar. (agus)