Tidak Hanya Dekatkan Pelayanan, Mas Ipin Juga Tinjau Infrastruktur Fisik Saat Makaryo Ning Desa

Berita, Jawa Timur543 Dilihat

pilarsumsel.com Trenggalek, Jawa Timur – Makaryo Ning Desa (Mening Deh) di Desa Siki, Kecamatan Dongko, Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin tidak hanya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat melainkan juga mengoptimalkan untuk meninjau infrastruktur fisik yang sudah dan sedang dibangun, Rabu (25/1/2023).

Total ada 33 layanan pemerintah yang di bawa oleh bupati muda itu ke Desa Siki. Mulai dari layanan adminduk, perpajakan, UMKM, sertifikasi halal, PIRT, perijinan usaha, kesehatan, dan masih banyak layanan yang lainnya. Dari sekian layanan yang di hadirkan di harapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat.

Yang terbaru dalam kegiatan Mening Deh itu, kepala daerah yang getol memperjuangkan kelestarian lingkungan ini, mencoba mengaktifkan kembali kegiatan safari infrastruktur. Di harapkan dengan meninjau, Bupati Trenggalek dapat mengetahui secara langsung kondisi dan kebutuhan infrastruktur yang perlu di prioritaskan.

“Ini kita Makaryo di Desa, kemudian kita mengecek beberapa proyek yang sedang di kerjakan dan mana yang selesai di kerjakan. Salah satunya jalur dari Desa Siki Kecamatan Dongko sampai ke Bantengan Desa Manggis, Kecamatan Panggul,” ucapnya.

Ada ruas di tengah yang masih belum kita kerjakan, tadi kita sambil ngecek dan semoga bisa segera kami tuntaskan.

Saya minta kepada kepala desa untuk membuat jalan air di kanan kiri jalan. Tolong kerja bakti membuat jalan air. “Mari sama sama kita jaga, karena uang untuk membangun jalan juga tidak gampang. Jadi untuk perawatan saya minta gotong royong,” tutup Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin, Rabu (25/1/2023).

Ramelan, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Trenggalek, menambahkan pembangunan jalan Dongko-Siki, Siki-Bantengan/Manggis menggunakan sumber dana dari PEN tahun 2022 sebesar Rp 10,9 miliar. Menjadi atensi pemerintah karena memang jalur ini akses ekonomi masyarakat satu satunya dari Desa Siki menuju Kecamatan Panggul.

Sedangkan pejabat tekhnis yang membidangi Joko Widodo, menambahkan tahun anggaran 2022 kemarin, Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengalokasikan peningkatan jalan Dongko-Bantengan yang merupakan satu satunya akses ekonomi masyarakat.

Dari ruas jalan tersebut menyisakan kurang lebih 6 km di tengah, yang rencananya akan segera di selesaikan tahun ini. “Totalnya kurang lebih 6 km. 4 km di ruas Siki dan 3 km di ruas Bantengan, Manggis.

Manijo, Kepala Desa Siki senang satu satunya akses jalan masyarakat menuju Kecamatan Panggul sudah terbangun meskipun menyisakan 6 km ruas jalan yang belum terbangun.

Kades ini berharap ruas jalan yang belum bisa segera terselesaikan karena akses jalan tersebut selain menjadi akses ekonomi satu satunya, juga merupakan akses pendidikan bagi masyarakat.

(bud/qow)