Tingkatkan Ketrampilan, Pegawai Lapas Pekalongan Bersama Brimob

Berita514 Dilihat

PEKALONGAN-Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Pekalongan Imam Purwanto terus berinovasi untuk memberikan Pembinaan Fisik Mental Disiplin pegawainya. Salah satunya, menembak  bersama Brimob Pekalongan, Rabu, 20 Juli 2022 pukul 09.00-13.00 WIB.

Acara dihadiri Kalapas, pejabat struktural dan 35 petugas Lapas Pekalongan  di Lapangan Tembak Mako Brimob Kalibanger Pekalongan.

Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan Pembinaan FMD & menembak dengan Inspektur Upacara Kalapas dan Komandan Upacara, Ka. KPLP Cahyo Sunarko.

Sementara itu, Ketua Panitia, Kaur Kepegkeu, Wishnu Eka Purbaya mengatakan, bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis, 20-21 Juli 2022 dan diikuti oleh 81 petugas Lapas Pekalongan. Adapun seluruh biaya yang timbul dari kegiatan ini berasal dari DIPA Lapas Kelas II A Pekalongan TA 2022.

Turut hadir dalam upacara ini Wadanyon Brimob Pekalongan, AKP. Edy Saputro, SH., S.I.K.

Dalam amanatnya, Kalapas Imam Purwanto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari SE Kakanwil Kemenkumham Jateng No : W.13-390.PK.01.04.01 Tahun 2017 ttg Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban di Lapas/Rutan. Tujuan kegiatan ini yaitu :
a. Meningkatkan FMD petugas Lapas Pekalongan yg prima.
b. Meningkatkan keterampilan dan ketangkasan dlm perawatan dan penggunaan senpi.
c. Agar petugas Lapas Pekalongan dlm melaksanakan tugas pengamanan di Lapas mempunyai dasar keterampilan dlm mengantisipasi dan menangani kejadian-kejadian yg dapat mengganggu keamanan Lapas.

Setelah Upacara Pembukaan, dilanjutkan dengan penjelasan tata tertib menembak senpi laras pendek oleh Aiptu. Sugiyono, instruktur dari Brimob Pekalongan. Kemudian dilanjutkan dengan praktek menembak senpi laras pendek oleh Kalapas dan seluruh peserta.

“Dalam kegiatan ini turut hadir Karupbasan Pekalongan, Rudi Hartono. Diakhir kegiatan, Kalapas dan perwakilan pejabat struktural dan petugas Lapas Pekalongan diberi kesempatan mencoba senjata api laras panjang dengan didampingi instruktur dari Brimob Pekalongan,” terangnya. (ag)